Selasa, 31 Des 2019 09:57 WIB

Tok! Gara-gara Lexus, Toyota Didenda Lebih dari Rp 174 Miliar di China

Ridwan Arifin - detikOto
Logo Lexus Foto: Ari Saputra
Beijing - Toyota harus menerima sanksi denda sebesar 12,5 juta USD atau lebih dari Rp 174 miliar. Lembaga pengawas pasar China menyebut hal ini berkaitan dengan penetapan harga merek premium Lexus di wilayah Jiangsu, China.

Mengutip dari laporan Reuters dan Nikkei Asian Review, Selasa (31/12/2019) keputusan itu muncul ketika China mengetatkan regulasi tentang penjualan mobil. Tahun lalu, negara tirai bambu ini mampu membukukan angka penjualan sebesar 28 juta mobil.


Biro anti-monopoli Administrasi Negara untuk Regulasi Pasar mengatakan merek premium tersebut melakukan pengaturan harga di tahun 2015 dan 2018.

"Produsen mobil Jepang menetapkan penjualan minimum dan harga jual kembali untuk mobil-mobilnya di provinsi Jiangsu, yang merampas otonomi penetapan harga diler dan merusak hak-hak pelanggan," bunyi gugatan tersebut.


Lexus juga memperbaiki strategi penjualan di wilayah tersebut selama periode tersebut, termasuk menawarkan diskon kepada pelanggan sambil meminta mereka untuk membeli aksesori dengan harga tetap, taktik penjualan yang biasa dilakukan di antara para diler mobil individu di Cina tetapi disukai produsen mobil.

Seorang juru bicara di Toyota, perusahaan induk Lexus, mengatakan kepada Reuters perusahaan mengakui penalti dan menghormati keputusan tersebut. Dia tidak berkomentar lebih jauh.

Penjualan mobil China menurun, tetapi penjualan Lexus terus tumbuh. Itu terjual 180.200 kendaraan dalam 11 bulan pertama tahun ini, naik 21% dari tahun sebelumnya.

Simak Video "Perhatikan! Ada Lambang Tersembunyi di Logo-logo Terkenal Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com