Jumat, 20 Des 2019 10:17 WIB

Wah! Ternyata Mobil Manual Bisa Dibikin Matik

Rizki Pratama - detikOto
Mobil matik. Foto: Hyundai
Jakarta - Modifikasi memang dapat melewati batas-batas standar yang telah ditetapkan oleh industri demi mencapai mobil impian. Tidak hanya tampilan, mekanisme penggerak seperti perubahan transmisi manual ke otomatis pun bukan tak mungkin diterapkan pada sebuah mobil.

Pastinya, perubahan itu tak dapat dilakukan dengan mudah. Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan jika ingin mengganti transmisi manual ke otomatis. Pertama harus dipastikan bahwa mesin bawaan mengusung teknologi yang sesuai dengan transmisi baru.



"Ada kemungkinan untuk di-matik-kan, tapi yang harus diperhatikan adalah transmisi otomatisnya compatible atau tidak karena teknologi transmisi yang terbaru menuntut kendaraan yang lebih advance bisa jadi belum ada di mobil manual. Pertama pertimbangkan mungkinkah diadaptasi dengan teknologi yang lama," kata Head of Service Business Development ZF Aftermarket Indonesia, Rizqi Zulqornain kepada detikcom di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (19/12/2019).

Jika syarat di atas telah terpenuhi, dalam pemasangannya pastikan tenaga dan torsi mesin sesuai dengan spesifikasi transmisi yang akan digunakan. Setelah itu, girboks otomatis harus mendapatkan ruang yang pas di dalam sistem penggerak mobil.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Aksi Teknisi Listrik Panjat Menara Transmisi Tertinggi di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com