Senin, 09 Des 2019 09:30 WIB

Xpander di Filipina dan Vietnam Di-recall, Bagaimana di Indonesia?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mitsubishi Xpander yang diekspor. Foto: Rengga Sancaya Mitsubishi Xpander yang diekspor. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Mitsubishi di Filipina baru saja mengumumkan penarikan kembali atau recall terhadap produk MPV Mitsubishi Xpander. Mobil itu mengalami masalah pada suplai bahan bakar.

Masalahnya ada pada pompa bahan bakar. Disebutkan, ada beberapa bagian yang perlu diganti.

Adapun Xpander yang terdaftar terkena recall ini adalah mobil yang dijual pada Mei 2018 sampai 22 Oktober 2019. Bagaimana dengan Mitsubishi Xpander di Indonesia? Apakah di-recall juga? Seperti diketahui, Mitsubishi Xpander yang dijual di Filipina adalah hasil produksi Mitsubishi Indonesia di pabriknya di Cikarang, Jawa Barat.



Mengutip CNNIndonesia.com, Director of Sales & Marketing Division Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Michimasa Kono, mengatakan pihaknya sedang menginvestigasi kasus ini.

"Tentu saja kami punya tanggung jawab kepada konsumen terkait isu produk, bila konsumen ingin mengecek kendaraannya, kami merekomendasikan konsumen datang ke bengkel resmi," kata Kono.

"Kami perlu memeriksanya secara detail, karena tidak semua produk sama. Jadi kami perlu investigasi dulu," kata dia.



Sebelumnya, masalah serupa juga terjadi di Mitsubishi Xpander yang dijual di Vietnam. Diberitakan beberapa media lokal Vietnam, recall Xpander ini diumumkan pada 1 Oktober lalu. Menurut Mitsubishi Vietnam, total Mitsubishi Xpander di Vietnam yang terkena dampak recall ada 14.051 unit. Itu termasuk versi transmisi otomatis dan manual.

Mitsubishi Vietnam menjelaskan, pompa bahan bakar pada Xpander bisa gagal bekerja. Hal itu membuat mesin mati dan tidak bisa dinyalakan.

Penyebab spesifik belum diketahui secara keseluruhan. Namun, menurut investigasi dari Mitsubishi Motors (prinsipal Mitsubishi Jepang), impeller yang terbuat dari plastik di dalam pompa bensin dapat mengembang sehingga menyetop rotasi.

Xpander di Filipina dan Vietnam Di-recall, Bagaimana di Indonesia?


Simak Video "Muncul Pertama di Indonesia, Xpander Cross Tampilkan Tiga Varian"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com