Minggu, 08 Des 2019 09:07 WIB

Ban Mobil Ini Bisa Terhubung Internet, Buat Apa Ya?

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Istimewa
Jakarta - Perkembangan teknologi tidak hanya diimplementasikan pada sensor atau sistem hiburan mobil. Baru-baru ini, Pirelli menemukan sebuah inovasi berupa ban yang dapat terhubung dengan jaringan internet.

Sambungan internet itu digunakan untuk mengirimkan data penting tentang kondisi jalan kepada pengemudi dan pengguna jalan lainnya. Untuk mendapatkan kemampuan itu, ban ini diselipkan sebuah chip seukuran uang koin berisikan sensor, prosesor dan komunikasi elektronik. Data-data yang didapat oleh ban ini dikirimkan langsung ke ECU mobil.



Contoh penggunaan misalnya mobil mengalami hydroplanning. Saat melewatinya teknologi mampu menghindarkan Anda dan kendaraan dari kecelakaan. Selain itu pengendara lain yang ada di belakang juga diberikan peringatan bahwa ada risiko bahaya di depannya.

Jika ban mengalami kondisi buruk, ia dapat memberi tahu mobil untuk menyesuaikan pemetaan mesin, kontrol traksi, atau bahkan pengaturan suspensi. Ban juga akan dapat memantau informasi mengenai kondisi kedalaman tapak, tekanan ban, suhu ban, dan akselerasi multi-sumbu.



Pirelli baru memasang unit sensor ini di dalam satu set ban P-Zero Trofeo. Ban tersebut dipasang ke Audi A8 dalam tes lintasan balap tertutup, ban berhasil mendeteksi jalan basah dan mengirimkan informasi ke mobil Audi Q8 yang berada di belakang. Q8 menerima pesan melalui koneksi 5G sebelum mencapai permukaan yang basah itu.

Untuk sementara teknologi ban ini belum sepenuhnya diimplementasikan di jalan, saat ini baru digunakan di industri angkutan truk. Teknologi ini menghemat banyak waktu bagi mekanik truk untuk memeriksa tekanan ban, karena mereka tahu persis ban mana yang harus diisi dan mana yang harus diabaikan. Pengujian jalan jangka panjang juga masih harus diteliti.

Ban Mobil Ini Bisa Terhubung Internet, Buat Apa Ya?


Simak Video "Pecah Ban, Mobil Rombongan Petakziyah di Pasuruan Keluar Jalur"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com