Rabu, 04 Des 2019 20:28 WIB

Pegang 35% Penjualan Mobil ASEAN, RI Jangan Hanya Jago Kandang

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Toyota Foto: Toyota
Jakarta - Indonesia menjadi pasar yang empuk bagi industri otomotif di ASEAN. Sebab Indonesia mendominasi market penjualan mobil di Asia Tenggara. Namun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berharap Indonesia tak hanya jago di domestik, tapi juga bisa berbicara banyak di pasar ekspor.

"Di ASEAN pasar terbesar adalah Indonesia dengan 35 persen market. Maka itu saya mendukung pernyataan Pak Putu (Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan, Putu Juli Ardika) bahwa kita harus menjadi trendsetter dunia (dalam hal ekspor)," bilang Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara dalam diskusi Kesiapan Industri Otomotif Menuju Era 4.0, di Main Hall Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Menurut Kukuh, pendulum industri otomotif dunia kini mengarah ke negara-negara Asia. Selain India dan China, negara-negara di ASEAN seperti Indonesia, juga bisa mengambil kesempatan ini untuk menggenjot pasar ekspor.



"Negara-negara di Eropa sudah mengalami perlambatan jumlah penjualan mobil, sehingga potensi pasar otomotif dunia bergeser ke Asia, tepatnya India, China, dan Asia Tenggara. Maka itu perlu dilakukan pemetaan kembali, agar kita tidak hanya jago kandang. Tidak hanya jualan domestik," lanjut Kukuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Jokowi Lepas Ekspor Perdana 6.000 Mobil Pikap ke Filipina"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com