Rabu, 20 Nov 2019 11:02 WIB

Histori

Kisah Mobil Kecil Penyelamat Teman

Ridwan Arifin - detikOto
BMW Isetta mobil yang sempat dijuluki mobil kulkas karena pintunya yang terbuka ke depan persis seperti kulkas.Foto: Rangga Rahadiansyah


Menggunakan mobil yang memiliki panjang 90 inci dan lebar 55 inci untuk kabur dari Blok Timur adalah ide yang dilontarkan Manfred Koster.

Untungnya Jacobi memiliki pengetahuan untuk mengubah Isetta-nya menjadi kendaraan untuk melarikan diri. Sebab dia telah dilatih untuk menjadi mekanik mobil sejak tahun 1956 hingga 1959.
Klaus-Günter Jacobi memodifikasi BMW Isetta untuk membantu temannya kabur dari Jerman Timur o help his best friend flee East Germany.Klaus-Günter Jacobi memodifikasi BMW Isetta untuk membantu temannya kabur dari Jerman Timur. Foto: BMW

Selama berminggu-minggu ia bekerja di malam hari memodifikasi BMW untuk menyelundupkan manusia. Tangki bahan bakar dilepas dan diganti dengan yang hanya muat beberapa liter. Ban cadangan, pelindung panas knalpot, dan filter udara telah dilepas.

Kisah Mobil Kecil Penyelamat TemanFoto: BMW




Jacobi menceritakan, untuk dapat kabur bersama sahabatnya. Ia dibantu dua orang siswa lain sebagai sopir, sebab pada masa tersebut pemerintah Jerman Timur tidak mengizinkan orang Berlin Barat kembali ke negara mereka.

"Saya cuma fokus pada satu hal, mengeluarkan teman saya dari sana (Berlin Timur)," ujar Jacobi.

Operasi pun berhasil dan terus berlanjut, sebanyak 9 orang berhasil kabur dari Berlin Timur menggunakan Isetta. Namun sayang mobil itu sudah tidak ada lagi, yang tersisa hanya kuncinya saja, bagian mobil yang lain sudah dimusnahkan.

Kisah Mobil Kecil Penyelamat TemanFoto: BMW

Kisah nyata Klaus Gunter Jacobi dan pelarian lainnya dari Jerman Timur dituangkan dalam film pendek yang berjudul The Small Escape. Total ada 9 orang yang menemukan kebebasan di Berlin Barat pada tahun 1964 berkat mobil imut ini. Videonya bisa detikers lihat di bawah ini:

[Gambas:Youtube]

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com