Minggu, 17 Nov 2019 10:24 WIB

Terios 7 Wonders: Cerobong Peninggalan Jepang di Antam

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Perjalanan Daihatsu Terios 7 Wonders Foto: Rangga Rahadiansyah
Kolaka - Perjalanan Terios 7 Wonders kali ini menjelajah Bumi Kokoa di Kolaka, Sulawesi Tenggara. Menggunakan Daihatsu Terios, perjalanan ini merupakan ajang pembuktian SUV Daihatsu tersebut serta mengeksplorasi destinasi wisata yang belum banyak orang tahu.

Mungkin Kolaka terkenal dengan wisata laut dan air tawarnya seperti Pulau Padamarang, sungai terpendek di dunia di Tamborasi, atau keindahan alam di Danau Biru. Namun, di Kolaka juga ada salah satu lokasi tambang yang cukup besar, yaitu T Aneka Tambang (Antam) Unit Bisnis Pengolahan Nikel Sulawesi Tenggara di Kecamatan Pomalaa, Kolaka, Sulawesi Tenggara. Di kawasan ini, terdapat lokasi penambangan nikel dan pabrik pengolahan nikel.


Di dalam kawasan pertambangan nikel, ada satu peninggalan sejarah berupa semacam cerobong. Menurut Wakil Bupati Kolaka, Muhammad Jayadin, cerobong ini adalah peninggalan Jepang.

Terios 7 Wonders: Cerobong Peninggalan Jepang di Pabrik AntamFoto: Rangga Rahadiansyah

"Ini oleh orang Jepang mungkin digunakan untuk pengintaian atau mungkin sebagai benteng pertahanan di zaman jepang. Ini bukan bagian dari pabrik Antam. Ini bangunan tersendiri," kata Jayadin di sela-sela perjalanan Terios 7 Wonders saat menyambangi pertambangan Antam di Kecamatan Pomalaa, Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com