Sabtu, 09 Nov 2019 08:43 WIB

Langkah Pemerintah Haramkan Mobil Parkir di Jalan Depan Rumah

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Parkir Sembarangan, Belasan Mobil Diderek Dishub Foto: Rifkianto Nugroho Parkir Sembarangan, Belasan Mobil Diderek Dishub Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Memarkir kendaraan bermotor, khususnya mobil, di depan rumah masih banyak terjadi di berbagai wilayah. Lantaran garasi rumah terbatas atau sama sekali tidak memiliki garasi, mobil di parkir di depan rumah hingga memakan badan jalan.

Hal itu terkadang menyulitkan pengendara lain yang akan mengakses jalan tersebut. Karena ada mobil yang parkir di pinggir jalan, kendaraan lain malah sulit melewati jalan tersebut.

Dalam hal ini ketegasan pemerintah diperlukan agar tidak ada lagi mobil yang parkir sembarangan di badan jalan hingga menghalangi akses jalan pengendara lain.



Di Balikpapan, pemerintahnya mulai menyoroti masalah mobil yang diparkir bukan di garasi. Akun Facebook Syukri Wahid yang merupakan anggota DPRD Balikpapan memposting rancangan peraturan mengenai larangan parkir di jalan depan rumah.

Rancangan Peraturan Daerah Kota Balikpapan itu membahas kewajiban pemilik mobil untuk mempunyai garasi. Jika tidak punya garasi, maka tidak bisa membeli mobil.



Aturan serupa sebenarnya sudah diterapkan di DKI Jakarta. Kurang lebih bunyi Rancangan Perda Kota Balikpapan itu sama seperti Peraturan Daerah (Perda) Provinsi DKI Jakarta Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com