ADVERTISEMENT
Jumat, 08 Nov 2019 14:35 WIB

Detik-detik Mobil Nasional Vietnam Diuji Tabrak, Dapat Bintang 5!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Uji Tabrak Mobil Nasional Vietnam. Foto: ASEAN NCAP Uji Tabrak Mobil Nasional Vietnam. Foto: ASEAN NCAP
Jakarta - Mobil nasional Vietnam, VinFast dilakukan uji tabrak di ASEAN New Car Assessment Program (NCAP). Dalam uji tabrak ASEAN NCAP, dua mobil nasional Vietnam diganjar poin sempurna lima bintang.

Adapun yang mendapat lima bintang adalah SUV VinFast Lux SA2.0 dan sedan Lux A2.0.

Mobil SUV VinFast SA2.0 mendapatkan skor 84,46 dari 100 poin. Sedangkan sedan VinFast Lux A2.0 meraih 88,15 poin.



Dalam video uji tabrak yang ditayangkan Youtube ASEAN NCAP, ketika sedan VinFast A2.0 menabrak objek, penghuni mobil di depan terlindungi airbag. Begitu juga penumpang belakang yang diisi oleh bayi dengan baby car seat. Bayi di belakang terlindungi dengan baik sehingga tidak menimbulkan kondisi fatal.

Detik-detik Mobil Nasional Vietnam Diuji Tabrak, Dapat Bintang 5!Foto: ASEAN NCAP


Hal yang sama terjadi pada SUV VinFast SA2.0. Baik penghuni dewasa maupun anak-anak dapat terlindungi dengan baik di dalam mobil ketika terjadi tabrakan frontal.

VinFast Lux SA2.0 bahkan mendapatkan skor 46,45 dari 50 untuk proteksi terhadap penumpang dewasa berkat 6 airbag yang terpasang di mobil. Begitu pula untuk proteksi anak-anak yang duduk di kursi belakang, SUV dan sedan VinFast juga meraih hasil sempurna.


Uji tabrak VinFast Fadil. Uji tabrak VinFast Fadil. Foto: ASEAN NCAP


Namun, hatchback VinFast Fadil hanya diganjar empat bintang. Di segmennya itu, VinFast mengklaim raihan bintang empat pada VinFast merupakan yang terbaik.

Apa rahasianya mobil nasional mendapat bintang sempurna? Meski menjadi mobil nasional, sebenarnya VinFast mendapat sokongan dari mobil Eropa yang sudah tenar. Sedan Lux A2.0 mengusung platform dari BMW Seri 5, sedangkan versi SUV-nya mengambil basis X5. Sementara untuk model Fadil mengusung platform dari Opel Karl Rocks.

Selain BMW dan Opel, tercatat ada banyak ahli di dunia otomotif ikut bergabung seperti Magna Steyr hingga rumah desain Pininfarina.


[Gambas:Youtube]

[Gambas:Youtube]

[Gambas:Youtube]



Simak Video "Tonton Kendaraan Tempur Made in Indonesia yang Mendunia"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com