Rabu, 06 Nov 2019 18:34 WIB

FCA-PSA Kalahkan Honda, Ford, GM Sekaligus

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Andhika Akbarayansyah
Detroit - Pekan lalu, Fiat Chrysler Automobiles (FCA) dan pemilik merek Peugeot, PSA Group sepakat membentuk perusahaan baru. Perusahaan baru hasil merger itu langsung mengalahkan Honda, Ford, GM, Hyundai sekaligus.

Hal itu bila melihat data penjualan tahunan. Jika digabung angka penjualan kedua perusahaan itu mencapai 8,7 juta unit dengan nilai perusahaan mencapai USD 50 miliar.



Selain mengalahkan banyak raksasa dunia, FCA-PSA bakal punya pabrik yang tersebar di seluruh dunia. Soal pabrik ini, menurut Reuters, mereka menjamin tidak akan ada penutupan pabrik. Padahal biasanya, jika ada perusahaan yang bergabung, opsi penutupan pabrik demi efisiensi selalu mengemuka.

FCA-PSA bakal punya kemampuan memproduksi 14 juta kendaraan per tahun, namun pasar yang melemah di Eropa terutama dimana PSA dan FCA membawa tekanan lain.



"Utilisasi produksi akan berada paling rendah di angka 58 persen, itu artinya ada cadangan 6 juta kapasitas di seluruh dunia," ujar LMC Automotive dalam pernyataan kepada Reuters.

Serikat pekerja dan para politisi sudah mengemukakan kekhawatiran mereka soal kemungkinan PHK nanti. Namun baik PSA dan FCA meredam kekhawatiran itu dengan menegaskan tidak akan ada pabrik yang tutup.

Simak Video "Mobil Listrik Termurah! Fiturnya Sangat Memuaskan "
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com