Senin, 04 Nov 2019 11:46 WIB

Terjual Hampir 2 Juta Unit, Kenapa Toyota Terus Promosikan Avanza?

Luthfi Anshori - detikOto
Avanza-Veloz Sebangsa Mampir ke Pulau Dewata. Foto: Luthfi Anshori/detikOto Avanza-Veloz Sebangsa Mampir ke Pulau Dewata. Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Denpasar - Sepanjang 16 tahun perjalanan, Toyota Avanza sudah terjual sebanyak 1,75 unit. Di kalender penjualan 2019, model low MPV tersukses Toyota ini pun terus merajai penjualan mobil domestik.

Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari-September 2019 total penjualan Avanza mencapai 65.146 unit. Sebagai perbandingan, kompetitornya, Mitsubishi Xpander terjual 48.215 unit.

Meski sudah masuk dalam 'zona nyaman', tak menghentikan langkah Toyota untuk terus membuat aktivitas marketing khusus untuk Avanza. Salah satunya adalah Festival Avanza-Veloz Sebangsa yang digelar di 11 kota di Indonesia. Dan saat ini event tersebut sudah memasuki kota ke-9, di Bali.



Dijelaskan Area Manager Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Toyota-Astra Motor (TAM) Philardi Ogi, acara Festival Avanza-Veloz Sebangsa bukan murni penjualan, tapi adalah apresiasi 16 tahun Avanza di Indonesia.

"Jadi kami (pihak TAM) mengundang lagi kustomer-kustomer Avanza buat datang, ramai-ramai, syukuran istilahnya. Kita beri apresiasi buat mereka, di sini juga bakal banyak benefit buat mereka. Kalau soal penjualan, ibaratnya hanya bonus buat kita," kata Ogi, di Denpasar, Sabtu (2/11/2019).



"Jadi kegiatan ini bukan efektif untuk penjualan. Nomor satunya gathering. Karena setelah 16 tahun, Avanza tetap jadi nomor satu dan menjadi pilihan masyarakat di Indonesia," lanjut Ogi.

Pada tahun ini TAM menggelar acara ini di 11 kota besar Indonesia. Kemeriahan akan terus berlanjut pada kota-kota yang dipilih menjadi tuan rumah Sebangsa, mulai dari Medan (Sumatera Utara), Balikpapan (Kalimantan Timur), Surabaya (Jawa Timur), Palembang (Sumatera Selatan), Pekanbaru (Riau), Semarang (Jawa Tengah), Manado (Sulawesi Utara), Makassar (Sulawesi Selatan), Denpasar (Bali), Bandung (Jawa Barat), dan Jakarta.

Road show ini diselenggarakan sepanjang empat bulan, mulai Agustus hingga November 2019.

Simak Video "Kahitna Bikin Baper Penonton di Festival Toyota Sebangsa Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com