Jumat, 01 Nov 2019 14:17 WIB

SUV Wuling Rp 140 Jutaan, Cocok Jadi Pengganti Chevrolet Trax?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: GM Foto: GM
Beijing - Perusahaan patungan SAIC-General Motors-Wuling (SGMW) meluncurkan SUV untuk kelas bawah bernama Baojun RS-3. SUV murah Wuling itu meluncur di pasar domestik China.

SGMW merupakan perusahaan patungan pabrikan China dengan General Motors (GM) dari Amerika. Produk-produk SGMW bahkan juga dijual dalam bentuk mobil GM, misalnya Wuling Almaz yang di beberapa negara dijual dalam bentuk Chevrolet Captiva.

Sayangnya, di Indonesia Chevrolet harus hengkang mulai tahun depan lantaran kalah saing. Padahal produk Amerika merek Chevrolet tak kalah keren, lho.



Salah satu SUV kecil andalan Chevrolet di Indonesia adalah Chevrolet Trax. Sepertinya kalau Baojun RS-3 dijual di Indonesia nanti akan cocok menjadi pengganti Chevrolet Trax yang tak lagi dijual mulai tahun depan.

Melihat desainnya, mobil ini terbilang mirip dengan Almaz sebab mengusung bahasa desain mobil Baojun, yakni "interstellar geometry'. SUV Compact ini dibekali lampu daytime running light (DRL) berada di paling atas, di bawahnya ada lampu utama, beserta foglamp yang semuanya sudah LED.

SUV Wuling Rp 140 Jutaan, Bakal Jadi Pengganti Chevrolet Trax?Foto: GM


Secara dimensi mobil mirip Chevrolet Trax, memiliki panjang 4.305 mm, lebar 1.748 mm, tinggi 1.597 dan jarak sumbu roda 2.550 mm. "Membuat interior yang lapang untuk penumpang dan barang bawaannya," tulis keterangan resminya.



Karakter crossover sangat terasa berkat over fender, side body moulding, dan roof rail yang mengambang.

Masuk ke dalam kabin, Baojun RS-3 terkesan memiliki dashboard modern dengan head unit model floating dengan banyak tombol seperti piano di bawahnya. Tuas transmisi pun dibuat agak berbeda. Kesan sporty juga terlihat dari setir dan jok model sport.

SUV Wuling Rp 140 Jutaan, Bakal Jadi Pengganti Chevrolet Trax?Foto: GM


Adik dari Almaz ini punya fitur mobil Baojun pada umumnya. Seperti mobile connectivity, pemilik mobil bisa membuka serta mengunci mobil, menyalakan AC, dan lainnya dengan menggunakan smartphone.

Di balik kap mesin, RS-3 ini dibekali mesin 1.5 L naturally aspirated yang dipadu dengan transmisi CVT 6 percepatan. Tak ketinggalan fitur tambahan lainnya, RS-3 dibekali sistem cruise control lansiran Bosch yang dapat aktif sampai kecepatan 130 km/jam.

SUV ini terbilang murah. Di China, Baojun RS-3 dijual mulai dari 71.800 yuan atau sekitar Rp 143 juta.

Simak Video "Nyobain Teknologi Baru Wuling Almaz, Bisa Ngobrol Sama Mobil!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com