Jumat, 18 Okt 2019 19:22 WIB

Mobil Vietnam Kalah Bersaing dengan Mobil Asal Thailand dan RI

Ridwan Arifin - detikOto
Mobil buatan Indonesia yang siap ekspor Foto: Pradita Utama Mobil buatan Indonesia yang siap ekspor Foto: Pradita Utama
Jakarta - Pemerintah Vietnam kabarnya bakal menerbitkan regulasi baru yang dikhawatirkan akan membuat ekspor mobil penumpang Indonesia ke Vietnam terhenti. Hal itu tertuang hambatan non tarif baru berupa pajak konsumsi spesial (special consumption tax/SCT).

Duta Besar Republik Indonesia untuk Vietnam, Ibnu Hadi menjelaskan upaya tersebut merupakan langkah pemerintah Vietnam sebab produk lokalnya kalah bersaing dengan ekspor, dalam hal ini kendaraan penumpang.



"Mobil yang dibuat di Vietnam tidak bersaing dengan mobil utuh yang diimpor khususnya Thailand sama Indonesia, pemain utama basicly Thailand dan Indonesia," ujar Ibnu kepada para awak media di di Sparks Luxe Hotel, Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Ibnu melanjutkan ini merupakan kali kedua Vietnam menempuh langkah untuk mengurangi impor. Setelah tahun 2018 lalu menerapkan kebijakan Decree No.116/2017/ND-CP atau Decree on Requirements for Manufacturing, Assembly and Import of Motor Vehicles and Trade in Motor Vehicle Warranty and Maintenance Services.

"Tahun kemarin begitu, kita bisa solve yang sifatnya non tarif, melonjak eskpor kita, tetapi produk yang dibuat Vietnam malah menurun penjualannya. Berarti memang kalah bersaing, keluar lagi aturan seperti ini," ujar Ibnu.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menjajal Banh Trang Nuoung, Street Food Khas Vietnam"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com