Jumat, 18 Okt 2019 16:29 WIB

Pikap India Rp 200 Jutaan Masuk RI Sudah Ditunggu Lawan Berat

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Luthfi Anshori Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Pasar mobil komersial di Tanah Air rupanya cukup menggiurkan bagi para pabrikan. Kalau sebelumnya didominasi merek-merek Jepang, kini mobil asal Negeri Bollywood pun tak mau ketinggalan. Melihat peluang strategis di segmen mobil komersil, Mahindra turut menghadirkan produknya bagi masyarakat Indonesia.

Mahindra dan Mahindra Ltd menggandeng RMA Indonesia untuk menjajakan mobilnya di sini. Setidaknya ada dua mobil yang ditawarkan Mahindra untuk masyarakat Indonesia yakni Scorpio Pick-up Single Cab dan Scorpio Double Cab.


Masuk industri otomotif Tanah Air, artinya Mahindra sudah menyiapkan diri untuk menghadapi lawan-lawannya yang sudah lebih dulu eksis.

Di segmen tersebut, Mahindra Scorpio telah dinanti Mitsubishi Triton, Isuzu D-Max, Tata Xenon, hingga Toyota Hilux.

Toyota HiluxToyota Hilux Foto: Ari Saputra


Jika melihat secara penjualan, deretan pikap tersebut lumayan laris. Mengambil contoh, penjualan Toyota Hilux. Dalam kurun waktu delapan bulan selama tahun 2019, mobil pikap keluaran Toyota ini mampu terdistribusi sebanyak 5.522 unit ke diler-diler dari total delapan varian yang ditawarkan seperti tercantum dalam data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).


Pun demikian dengan Mitsubishi Triton yang cukup laris manis. Pada periode yang sama 10 varian Triton distribusinya mencapai 6.005 unit.

Namun tidak dengan pikap Tata Xenon yang juga didatangkan dari India. Tata tercatat menawarkan dua model Xenon di Indonesia.

Tata XenonTata Xenon Foto: M Luthfi Andika


Jika deretan merek Jepang bisa menjual hingga ribuan unit, Tata tampaknya harus berusaha ekstra keras. Penjualan pikap Tata Xenon dalam delapan bulan tak sampai 100 unit. Dari kedua model yang ditawarkan, Tata mendistribusikan 86 unit Xenon ke seluruh dilernya.


Tentunya, Mahindra telah memiliki strategi tersendiri dalam menghadapi para rivalnya itu. Mahindra sendiri tak gentar dengan deretan pikap Jepang yang sudah lebih dulu mengaspal tersebut. Menurut pihak Mahindra, pikap Scorpio mampu menjadi andalan dan pilihan baru bagi masyarakat Indonesia.

Mitsubishi TritonMitsubishi Triton Foto: mitsubishi


"Pikap truk sendiri 450 ribu unit di seluruh dunia. Produk ini sudah teruji dan terbukti bisa melibas berbagai medan. Di mana pun produk ini berkompetisi di dunia, di sana ada juga merek-merek Jepang dan China. Produk ini bisa bertahan karena punya nilai yang ditawarkan termasuk penggerak 4WD yang sangat andal," kata Head of International Operations, Automotive, Mahindra & Mahindra Ltd Joydeep Moitra.

Simak Video "Perkenalkan Mahindra Scorpio, Pikap India Seharga Rp 200 Jutaan"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com