Rabu, 16 Okt 2019 11:09 WIB

BMW Bisa Rakit Mobil Hybrid di Indonesia?

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - BMW merupakan salah satu merek Eropa yang memiliki fasilitas perakitan lokal di Indonesia. Kelebihannya tentu nilai jual ke konsumen bisa ditekan serta beberapa penyesuaian pasar melalui komponen tertentu.

Kelebihan memiliki fasilitas perakitan itu pun tentu dapat dimanfaatkan pada kendaraan listrik nantinya. Paling tidak model-model BMW rakitan pabriknya di Sunter, Jakarta Utara seperti Seri 3, Seri 5, Seri 7, X1, X3, dan X5 sangat memungkinkan dapat dielektrifikasi menambahkan powertrain listrik menjadi hybrid.



"Sangat itu sangat, iya karena mobil listrik akan jadi masa depannya, masa kita nggak punya model yang dijagokannya, jadi pasti ada," ujar Vice President Sales BMW Group Indonesia, Bayu Rianto ketika ditemui di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sebelum memasuki tahap itu, BMW mengatakan hal itu tergantung pada kesiapan aturan lengkap mobil listrik di Indonesia. Tentunya juga setelah menimbang keuntungan timbal balik antara pemegang modal, pemerintah sebagai regulator, dan konsumen.



"Untuk yang plug in hybrid belum ada informasi resmi untuk yang (dirakit) di Indonesia. tapi pastinya apabila nanti aturannya sudah jelas dan benefit untuk BMW Indonesia sudah jelas, pasti kita akan (dirakit di Indonesia) yang hybrid," timpal Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O'tania pada kesempatan yang sama.

Proses elektrifikasi model yang ada pun dikatakan Jodie tak semudah membalikkan telapak tangan. Selain perencanaan teknis tentu ada skala ekonomi yang perlu dikalkulasi terlebih dahulu.

"Tidak sesimpel itu, tapi yang penting dilakukan untuk BMW kita pasti butuh perhitungan dari skala bisnis dan biasanya strategi itu akan dilakukan dalam 5 tahun dan kita akan terus review, jadi ditunggu saja," tutupnya.

Simak Video "Lebih Dekat dengan Mobil Termewah BMW X7 'The President'"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com