Selasa, 15 Okt 2019 17:37 WIB

Kalau Mobil Hybrid Dijual, Baterainya Gimana Ya?

M Luthfi Andika - detikOto
Foto: dok PT Toyota-Astra Motor Foto: dok PT Toyota-Astra Motor
Jakarta - Mobil bekas kerap jadi pilihan bagi pengendara karena harga yang lebih terjangkau. Tapi bagaimana dengan mobil ramah lingkungan seperti hybrid, plug-in hybrid, atau listrik ya? Seperti diketahui harga-harga mobil ramah lingkungan itu masih relatif mahal. Di samping itu, daya baterai tentu jadi pertanyaan para konsumen.

Pertanyaan-pertanyaan itu wajar muncul dari benak masyarakat Indonesia. Meski demikian Toyota yang sudah mulai menghadirkan mobil hybrid mengingatkan konsumen tidak perlu khawatir soal itu. Karena bagi konsumen yang membeli mobil ramah lingkungan, Toyota memberikan program warranty baterai.



"Setelah menjadi mobil bekas, mengenai baterai kita harus tahu baterai itu memiliki umur, dan ini sama saja seperti mesin kovensional yang memiliki umur," kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, di Bali.

Mobil hybrid ToyotaMobil hybrid Toyota Foto: dok PT Toyota-Astra Motor


"Dan ini (baterai-Red) didesain dengan sama seperti umur kendaraan. Dan konsumen di Indonesia harus sudah berpikir sama seperti negara maju, yang sudah mengerti akan peran kendaraan ramah lingkungan dan ini memang butuh waktu untuk edukasi," tambahnya.



Anton juga menegaskan kalau masyarakat tak perlu takut dengan adanya pengurangan daya baterai karena masih bisa diisi ulang selama garansinya masih berlaku.

"Daya baterai berkurang? Warranty ada batasan tidak melakukan charging atau tidak mengeluarkan daya, tapi kalau ada penurunan itu wajar. Setelah 5 tahun tidak dapat men-charging, kita tengah memberikan warranty bisa sampai 7 tahun dan lain-lain," kata Anton.

Simak Video "Mengenal Kecanggihan Mobil Menteri Jokowi Seharga Rp 1,5 Miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com