Pemprov Bengkulu Borong 12 Mobil Esemka

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 25 Sep 2019 19:09 WIB
Foto: Ragil Ajiyanto
Bengkulu - Ada yang menarik pada ajang Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XXI 2019 di Bengkulu, salah satunya dengan ikut mejengnya Esemka Bima di sana. Mobil ini dikatakan jadi salah satu mobil yang mampu menarik perhatian pengunjung. Pemprov Bengkulu bahkan sudah memborong 12 unit mobil Esemka.

"Kami mengapresiasi kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu yang menandatangani pembelian 12 unit Esemka. Kami juga optimistis, Esemka dapat meningkatkan produktivitas masyarakat desa," ujar Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin, Putu Juli Ardika dalam siaran pers yang diterima detikcom.




Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menegaskan, pihaknya bangga terhadap kehadiran mobil Esemka sebagai produk industri dalam negeri. Oleh karenanya, Pemerintah Provinsi Bengkulu memesan karya anak bangsa tersebut.

Esemka BimaEsemka Bima Foto: Jokowi jajal mobil Esemka (Andhika Prasetia/detikcom)


"Siapa lagi kalau bukan kita yang bangga menggunakan produk dalam negeri ini. Harapan kami, tahun 2020 nanti, mobil Esemka sudah masuk e-katalog, sehingga proses pengadaannya bisa lebih sederhana. Kami terus dorong teknologi nasional, agar bangsa ini kompetitif di mata dunia," katanya.



Sementara itu Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo juga berharap PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) dapat memberikan pelatihan perbengkelan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Jadi, mereka bisa mengerti tentang merawat kendaraan. Apalagi, yang namanya penjualan kendaraan itu salah satu kunci keberhasilannya adalah aftersales," tutur Eko.

Simak Video "Pemobil ABG yang Tabrak Polisi di Pos Penyekatan Jadi Tersangka"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/ddn)