Selasa, 24 Sep 2019 20:58 WIB

Kolektor Tidak Lepas Mobil Klasik ke Sembarang Orang

Ridwan Arifin - detikOto
Mobil klasik Foto: Ridwan/detikOto Mobil klasik Foto: Ridwan/detikOto
Jakarta - Terawat dan mulus dua kata yang tergambarkan saat menyambangi pameran mobil klasik Concours d'Elegance akhir pekan kemarin di Jakarta. Sang pencetus, Stanly Atmadja yang juga pengkoleksi mobil klasik mengungkapkan setiap mobil yang mejeng di sini memiliki harga yang tidak ternilai.

"Para pemilik mobil klasik bisa melihat bahwa menjadi indah seperti ini dan bagus. Kalau dirawat dan direstorasi dengan baik," tutur Stanly saat berbincang dengan detikcom.



Mengenai mobil klasik, Stanly menerangkan adalah bagaimana pemilik mobil dapat menjaga setiap detail dari mobil yang sudah berpuluh-puluh tahun lamanya. Maka dari itu saat mobil baru pertama kali dipangkuan pun sudah memiliki kenangan personal tersendiri.

Ia pun mengatakan sebanyak 26 mobil yang unjuk gigi di pameran Concours d'Elegance pun tidak bakal mudah dilepas pemiliknya.

Mobil klasikMobil klasik Foto: Ridwan Arifin


"Proses mendapatinya saja memiliki kenangan, karena kadang-kadang mobil ini dimiliki oleh seorang kolektor juga. Kalau kolektor tidak mau lepas barang sembarangan, apakah yang beli bisa merawat apa tidak. Jarang orang atau kolektor melepas begitu saja," tutur Stanly.



Stanly juga menceritakan memiliki mobil klasik bukanlah soal harga, namun usaha sedari mendapatkannya serta nilai sejarah yang dimiliki mobil tersebut.

"Saya memang penggemar mobil klasik secara konvensional saya senang yang original, engine-nya natural aspirated. Itu merupakan sejarah teknologi pada saat itu, jadi yang buat saya mobil klasik bernilai lebih," kata Stanly.

Simak Video "Melihat Mobil Klasik, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com