Senin, 23 Sep 2019 13:09 WIB

Ini Mobil Terakhir Nissan yang Diproduksi di Purwakarta

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pabrikan asal Jepang, Nissan, kembali diterpa isu tak sedap. S

Kabar itu diembuskan oleh Kabar ini diembuskan oleh media Jepang, japantimes.co.jp. Disebutkan, menurut sebuah sumber yang dekat dengan Nissan, Nissan telah menutup satu dari dua pabriknya di Indonesia yang terletak di Purwakarta, Jawa Barat.



Mengutip data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), memang tercatat merek Nissan tak memproduksi mobil lagi sejak Februari 2019. Dalam data itu tercatat, pabrik Nissan terakhir kali aktif pada Januari 2019. Itu pun angka produksinya tak besar.

Nissan Grand Livina sebelum diganti Livina kembaran Xpander.  Nissan Grand Livina sebelum diganti Livina kembaran Xpander. Foto: Nissan


Data Gaikindo hanya mencatat produksi Nissan Grand Livina dan Nissan X-Trail di bulan pertama 2019. Dalam data itu, Nissan Grand Livina diproduksi sebanyak 96 unit.


Nissan X-Trail. Nissan X-Trail. Foto: Rangga Rahardiansyah


Selain Grand Livina, Nissan juga memproduksi X-Trail 2.5 CVT pada bulan Januari 2019. Saat itu, Nissan memproduksi X-Trail sebanyak 84 unit. Sisanya sampai Juli 2019 tak ada angka produksi X-Trail yang dicatat Gaikindo.

Pabrik Datsun Purwakarta. Pabrik Datsun Purwakarta. Foto: detikOto


Namun, masih dari sumber yang sama, PT Nissan Motor Indonesia tetap mencatat produksi, meski bukan atas nama merek Nissan. Pabrik PT Nissan Motor Indonesia masih memproduksi mobil merek Datsun. Adapun mobil yang diproduksi di pabrik itu antara lain Datsun GO+, Datsun GO, dan Datsun Go Live. Totalnya, Nissan memproduksi mobil merek Datsun sebanyak 2.716 unit selama periode Januari-Juli 2019.

Simak Video "Mobil-mobil Masa Depan Ala Nissan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com