Rabu, 18 Sep 2019 11:57 WIB

Jokowi Pakai Land Cruiser Sewaan Tinjau Karhutla di Riau

Andhika Prasetia - detikOto
Jokowi saat meninjau karhutla di Riau Foto: Biro Pers Setpres Jokowi saat meninjau karhutla di Riau Foto: Biro Pers Setpres
Pelalawan - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Pelalawan, Riau, namun dia tidak menunggangi mobil dinasnya. Pihak Istana memberikan penjelasan.

Saat ke Pelalawan, Selasa (17/9/2019), Jokowi menunggangi mobil Toyota Land Cruiser dari lokasi turunnya helikopter menuju titik karhutla. Sedangkan, mobil dinasnya Mercedes Benz S600 Guard dan Toyota Alphard (mobil cadangan) berada di Pekanbaru yang berjarak 4 jam dari Pelalawan. Alhasil, mobil Land Cruiser disewa.



"Kalau presiden ke daerah itu, kalau memungkinkan waktu kita bawa mobil dari sini. Tapi kan kalau tidak memungkinkan dan jalannya rusak, ya sewa," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin saat dihubungi, Rabu (18/9/2019).

Beredar informasi, harga mobil Land Cruiser yang disewa seharga Rp 8 juta. Bey tidak mengetahui rincian harga sewanya.

"Cuma sewa harganya normal saja. Tapi yang bayar Kantor Presiden. Tapi sewanya dibayar segitu, ya mungkin dibayar segitu. Masak kita menekan harga sewa di bawah normal. Kan nggak juga. Menyesuaikan saja," ucap Bey.



Bey menjelaskan, alasan Jokowi tidak memakai mobil dinas di Pelalawan karena alasan efisiensi. Sebab, Jokowi langsung naik helikopter menuju Pekanbaru dan menunggangi Mercy di sana. Lantas, apa alasan pemilihan mobil Land Cruiser?

"Dari Setpres, Paspampres, Setmil yang menilai mobil yang layak. Sudah ada faktor keamanan, medan. Cuma yang bayar Setpres," jelas Bey.



Simak Video "Visi Indonesia Minus Hukum Dan HAM"
[Gambas:Video 20detik]
(dkp/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com