Selasa, 17 Sep 2019 21:21 WIB

Ibu Kota RI Pindah, Industri Ban Mobil Diuntungkan

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Rizki Pratama Foto: Rizki Pratama
Cikarang - Pemerintah RI sudah mengetuk palu kebijakan pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara di Pulau Kalimantan. Kebijakan ini pun dinilai bakal menguntungkan industri ban mobil di Tanah Air.

"Dengan adanya ibu kota negara baru, ya itu otomatis akan menguntungkan industri ban mobil. Sebab dengan pembangunan baru, ada community baru, jadi komunitas pengguna mobil di sana pasti akan banyak dengan sendirinya," ungkap General Manager Corporate Management Team PT Hankook Tire Indonesia Yoon Keun Yoong, di Cikarang, Bekasi, Selasa (17/9/2019).



Mengenai berapa besaran kenaikan market karena pembukaan kota baru, Yoon belum bisa memastikan. Namun yang pasti, adanya pembangunan kota baru yang diikuti dengan pembangunan, akan sangat menguntungkan industri ban.

Pabrik HankookPabrik Hankook Foto: Luthfi Anshori


"Contoh seperti sekarang, dengan adanya pengembangan jalan tol yang cukup masif untuk koneksi, permintaan ban di pasar lokal akan terus meningkat," ujarnya.



Hankook pun berencana akan membuka kembali plant baru dalam beberapa tahun ke depan, yang dikhususkan untuk produksi ban truk dan mesin berat.

"Untuk investasi di phase 3, detailnya kami belum tahu pasti, karena ada beberapa hal yang tidak berjalan sesuai rencana, karena kita setting di 2019, tapi ada perubahan di Hankook Global," terang Yoon.

Simak Video "Pecah Ban, Mobil Rombongan Petakziyah di Pasuruan Keluar Jalur"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com