Jumat, 13 Sep 2019 21:16 WIB

Harga Mobil Hybrid Toyota Bisa Lebih Murah?

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Toyota menjadi pabrikan yang saat ini berfokus pada pengenalan mobil hybrid di Tanah Air. Mobil-mobil hybrid yang ditawarkan saat ini di antaranya Camry, C-HR, Alphard dan Corolla Altis.

Rentang harganya pun berada di atas Rp 500 Juta. Bila ditarik garis, saat ini harga tersebut menyasar ke kalangan segmen menengah.


Direktur Pemasaran PT Toyota Astra-Motor (TAM) Anton Jimmi mengatakan harga yang dipasarkan saat ini sudah kompetitif. Toyota sendiri masih menunggu turunan aturan yang akan dikeluarkan oleh kementerian lain, hal ini juga menyangkut pertimbangan dalam menentukan harga.

"Memang Perpres sudah keluar tapi di dalam Perpres belum dicantumkan dengan jelas mengenai peraturan apakah ada perubahan di insentif PPnBM dan lain-lain," tutur Anton di Jakarta.

Lebih lanjut, saat ini memang untuk mobil hybrid masih diimpor dari negara lain. Misalnya sedan Corolla, barang dikirim dari Thailand.


"Harga tergantung masalah pajak. Kita lagi menunggu, mudah-mudahan segera peraturan Co2 keluar. Tinggal kita lihat berlakunya kapan. Karena kan isunya sekarang berlaku mungkin 2021," ujar Anton.

Terakhir ia berharap untuk mendukung percepatan elektrifikasi, pemerintah daerah juga diharapkan memberikan insentif bagi kendaraan listrik dalam hal ini hybrid.

"Kedua, bagaimana peraturan daerah. Ada BBNKB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor), misalnya Jakarta naik 12,5% , Jawa Barat 12,5%. Tapi apakah mungkin mobil elektrifikasi BBNKB jangan 12,5%, tapi 10%. Nah itu juga kita melihat opportunity itu. Kalau itu bisa akan membantu gap antara mobil biasa (dengan) hybrid atau plug in hybrid," jelas Anton.



Simak Video "Ngevlog Otomotif Ala Motomobi Bareng Toyota Rush"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com