Kamis, 12 Sep 2019 19:12 WIB

Ratusan Ribu Corolla Sudah Melenggang di Jalanan Indonesia

Ridwan Arifin - detikOto
Toyota Corolla Altis Foto: Ridwan Arifin/detikcom Toyota Corolla Altis Foto: Ridwan Arifin/detikcom
Jakarta - PT Toyota Astra-Motor meluncurkan generasi ke-12 mobil sedan legendaris Toyota Corolla Altis di The Palas, Jakarta, Kamis (12/9/2019). Terakhir kali mendapat penyegaran bersamaan dengan Toyota Venturer pada tahun 2017.

Namun berdasarkan catatan sejarahnya mobil ini bisa dikatakan sebagai kendaraan legendaris dari Toyota. Sejak generasi pertama yang diluncurkan pada 1966 sampai 2019 sudah mencapai 47,6 juta unit melenggang di lebih dari 150 negara.



Direktur Marketing PT TAM, Kazunori Minamide mengatakan Corolla merupakan simbol kendaraan yang lekat dengan Toyota.

"Ketika saya melihat Insinyur pertama Toyota Corolla, Hasegawa. Dia meyakinkan saya Corolla dibuat untuk dapat memberikan pengalaman untuk asyik dikendarai," kata Minamide.

Hal tersebut turut mempengaruhi konsumen di Indonesia bahkan sejak peluncuran sudah ada ribuan unit melenggang di jalan Indonesia.

"Di Indonesia, Corolla hadir pada tahun 70-an, model kendaraan Toyota pertama di Indonesia. Total penjualan lebih dari 147 ribu unit," kata Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi di sela-sela peluncuran All New Corolla Altis di Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Berangkat dari kepopulerannya, Toyota melakukan inovasi terhadap produk barunya All New Corolla Altis.

Untuk pasar Indonesia sama mengusung mesin dari spesifikasi yang ada di Thailand, All New Altis masih tetap mengusung mesin berkubikasi 1.800 cc dengan kode 2ZR-FBE 4-silinder. Mesin VVT-i tersebut diklaim mampu memuntahkan tenaga sebesar 40 tk dan torsi maksimal hingga 177 Nm.


Model Hybrid berbagi platform dengan CH-R Hybrid, kode mesin 2ZR-FXE 1.8-liter VVT-i dapat mengeluarkan daya 98 tenaga kuda dan torsi 142 Nm. Sementara motor listriknya disebut menggunakan Permanent Magnet Synchronous, dengan daya 600 volt bisa menghasilkan tenaga 72 tenaga kuda dan torsi 163 Nm.

"Kami optimistis kehadiran 3 varian All New Corolla Altis ini akan memberikan dinamika baru pada pasar otomotif nasional, terutama di segmen sedan," kata Minamide.

Simak Video "Calya Dipermak, Harga Naik Rp 2 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com