Rabu, 11 Sep 2019 07:32 WIB

Berapa Uang yang Diterima Bos Nissan Hingga Putuskan Mundur?

Dina Rayanti - detikOto
Bos Nissan Hiroto Saikawa. Foto: Reuters/Issei Kato Bos Nissan Hiroto Saikawa. Foto: Reuters/Issei Kato
Tokyo - CEO Nissan Hiroto Saikawa memutuskan untuk mundur dari jabatannya. Saikawa memutuskan untuk mengundurkan diri usai mengumumkan kepada wartawan Jepang bahwa ia menerima kompensasi bonus berlebih.

Kabarnya uang senilai 47 juta yen atau setara dengan Rp 6,1 miliar mengalir ke kantong Saikawa pada tahun 2013 sebelum dirinya ditunjuk menjadi CEO Nissan. Kompensasi Rp 6,1 miliar itu diberikan terkait kinerja perusahaan yang tengah membaik, seperti dilansir Nikkei Asia.


Menurut Dewan Direksi Nissan Yasushi Kimura dana insentif kepada Saikawa merupakan hal lumrah sebagai imbalan dari perusahaan.

"Itu bukan ilegal," ungkap Kimura.

Nissan
dalam setahun terakhir memang tengah memulihkan namanya yang tercoreng akibat skandal pajak Carlos Ghosn. Sebagai informasi, Ghosn ditangkap 19 November 2018 di Jepang berdasarkan hasil investigasi internal Nissan dan terbukti melakukan serangkaian penyelewengan dana bertahun-tahun serta memanfaatkan aset perusahaan untuk memperkaya dirinya sendiri.


Saikawa pun menjalani masa-masa sulit ketika harus memimpin Nissan. Kepemimpinan Saikawa pun sempat diragukan dapat kembali memulihkan kondisi di tubuh Nissan. Saikawa pun sempat berjanji untuk membawa Nissan kembali ke performa semula. Sayangnya cita-cita itu belum kesampaian karena dirinya memilih mengundurkan diri.

Nissan sendiri belum lama ini melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap 12.500 pegawainya di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Hal itu dilakukan demi efisiensi perusahaan. Pendapatan Nissan pun menurun cukup signifikan karena skandal Ghosn tersebut.

Simak Video "Berdandan, Nissan X-Trail Punya Puluhan Fitur Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com