Rabu, 11 Sep 2019 07:10 WIB

Esemka Mobil Buatan Anak Bangsa Lho, Kenapa Dinyinyirin Sih?

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Pabrik Mobil Esemka. Foto: Ragil Ajiyanto Pabrik Mobil Esemka. Foto: Ragil Ajiyanto
Makassar - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyambut kedatangan Esemka ke kancah otomotif nasional. Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara malah mempertanyakan kenapa masih banyak masyarakat Indonesia yang nyinyir dengan Esemka.

"Esemka ini membuat dinamika otomotif, punya nuansa yang berbeda, kita terima, membuka lapangan kerja baru. Kenapa harus dinyinyirin?" ujarnya saat ditemui di Hotel Rinra, Makassar, Selasa (10/9/2019).



Sebagian masyarakat nyinyir dengan Esemka karena menilai mobil itu terlalu mirip dengan mobil buatan China, Changan. Dari spek dan bentuknya pun hampir sama persis.

Sementara itu, Gaikindo pun membuka dirinya jika Esemka berminat menjadi anggota Gaikindo. Tidak ada persyaratan 'berat' untuk menjadi anggota Gaikindo, asalkan punya perusahaan yang terdaftar di Indonesia dan memproduksi mobil di Indonesia.



"Sama saja dengan anggota lain, tidak ada dispensasi (kalau Esemka menjadi anggota Gaikindo), kembali kita hanya mengutamakan kepentingan nasional, siapa pun masuk ya silakan, nggak ada persyaratan berapa produksinya. Yang penting perusahaan sudah terdaftar dan produksi di sini," ujarnya.

Simak Video "Bima, Mobil Pertama Esemka Diluncurkan!"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com