Selasa, 10 Sep 2019 17:23 WIB

Girangnya Gaikindo Esemka Lahir di Antara Mobil Jepang hingga China

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Gaikindo. Foto: Ragil Ajiyanto Gaikindo. Foto: Ragil Ajiyanto
Makassar - Beberapa hari terakhir dunia otomotif nasional dihebohkan dengan kedatangan pemain baru dari Boyolali, Jawa Tengah, yakni Esemka.

Terlepas dari semua kontroversinya, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyambut kedatangan pemain baru di tanah air.


"Gaikindo bergembira ada pemain baru yang diluncurkan ini menambah variasi dalam industri otomotif Indonesia yang dinamis," ujar Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara saat ditemui di Hotel Rinra, Makassar, Selasa (10/9/2019).

Namun saat ditanya wartawan mengapa tidak ada Esemka yang dipamerkan di GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) yang akan berlangsung mulai besok, Kukuh mengatakan hal itu karena mobil baru meluncur di Boyolali. "Kan baru diluncurkan kemarin, mudah-mudahan tahun depan bisa hadir di Makassar," ujarnya.

Esemka diluncurkan Presiden Joko Widodo berbarengan dengan peresmian pabrik di Boyolali, Jawa Tengah. Mobil yang senantiasa menjadi kontroversi karena selalu lekat dengan sosok Jokowi itu meluncurkan mobil pikap Bima sebagai model pertama.


Mobil memiliki beberapa tipe lain yang kemungkinan akan segera meluncur yakni pikap double cabin dan minivan.

Untuk pikap Bima harga off the road-nya mencapai Rp 95 juta.

Simak Video "Bima, Mobil Pertama Esemka Diluncurkan!"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com