Pindah Ibu Kota, Ini Pandangan Suzuki Mobil

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 28 Agu 2019 14:23 WIB
Logo Suzuki Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Pemerintah berencana untuk bisa memindahkan Ibu Kota dari Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta ke Kalimantan Timur, Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara. Pabrikan mobil asal Jepang Suzuki pun angkat suara mengenai rencana pemerintah tersebut.

Suzuki menilai, rencana perpindahan tersebut tak serta merta merubah pemetaan pasar otomotif di Tanah Air.

"Kami belum lihat pengaruhnya terhadap industri otomotif, kan ini juga dilakukan secara bertahap," ujar Direktur Marketing, Donny Saputra, di Cirebon.



Meski demikian Suzuki mobil akan mendukung saja semua keputusan pemerintah. Karena menurut Suzuki pastinya pemerintah sudah memikirkan segala sesuatunya untuk kemajuan bangsa.

"Kalau kita lihat negara-negara lain yang memisahkan kota bisnis dan pemerintahan masih bisa berjalan. Apakah tidak ribet? Saya rasa pemerintah sudah memikirkan bagaimana menerapkan one gate atau satu pintu. Kita tidak perlu ke sana (untuk urusan perizinan, dan lain-lain)," ujarnya.



Selain itu menurut Donny, jika memang ibu kota pindah. Ini bisa meningkatkan ekonomi daerah yang dipilih menjadi ibu kota baru dan daerah sekitarnya. Suzuki sendiri telah memiliki diler yang cukup lengkap di daerah Kalimantan.

"Selain itu ada kesempatan tumbuh di daerah sana, yah kalau daerahnya tumbuh akan ikut meningkatkan ke daerah sekitarnya. Kita ada satu diler 3S, di Kutai Kartanegara," tambah Donny.

Simak Video "Suzuki Gagal Triple Crown, Ducati Juara Konstruktor MotoGP 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/dry)