Minggu, 25 Agu 2019 08:08 WIB

Mobil Jerman Setia Temani RI 1 dari Zaman Sukarno hingga Jokowi

Dina Rayanti - detikOto
Mobil kepresidenan. Foto: Ari Saputra Mobil kepresidenan. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Mobil asal Jerman Mercedes-Benz sudah akrab dengan orang nomor satu di Indonesia. Mobil-mobil keluaran Mercedes-Benz tercatat telah menemani presiden RI ketika bertugas.

Presiden pertama RI, Sukarno di masa jabatannya telah ditemani mobil Jerman itu. Kala itu Sukarno diketahui pernah menumpangi Mercedes-Benz 600 sebagai kendaraan dinas. Tapi itu bukan satu-satunya mobil dinas yang digunakan Sukarno.


Selain Mercedes-Benz 600, Sukarno juga sempat menunggangi mobil-mobil Amerika seperti Chyrsler Crown, Cadillac 75, Lincoln Cosmopolitan, juga mobil GAZ 13 pemberian Uni Soviet.

Era Sukarno usai beralih ke masa kepemimpinan Soeharto. Mobil dinas pun ikut berganti. Namun Soeharto tetap mempercayakan kendaraan dinasnya pada Mercedes-Benz 500 SEL Limousine.

Kemudian pada tahun 1995 Soeharto mengganti mobil dinasnya namun masih menggunakan Mercy. Adalah Mercedez-Benz S 600 keluaran tahun 1994.

Setelah era Soeharto lengser, mobil ini menjadi warisan bagi Presiden BJ Habibie, Gus Dur, Megawati, dan bahkan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).


Mercedes-Benz masih menjadi pilihan utama ketika SBY memimpin di periode kedua. Tahun 2008 pemerintah mempercayakan Mercedes-Benz S 600 Guard untuk ditunggangi SBY.

Mobil kepresidenan SBY itu kemudian digunakan oleh Joko Widodo kala terpilih menjadi Presiden RI periode 2014-2019.

Sayangnya, usia mobil yang sudah 10 tahun membuat kondisinya tak prima lagi untuk menemani presiden bertugas. Elektronik pada mobil disebut sering mengalami kerusakan. Parahnya, Mercedes-Benz S 600 Guard warisan SBY itu juga sempat mogok disela-sela Jokowi melakukan kunjungan kerja.


Disebutkan pihak Istana, kerusakan pada mobil kepresidenan sulit untuk diperbaiki. Hal itu juga didukung oleh peringatan pabrikan sang pembuat mobil.

Saat mobil dinas Jokowi mogokSaat mobil dinas Jokowi mogok Foto: dok. Biro Pers Setpres


"Dari pihak pabrikannya sudah berkali-kali memberitahu, memberi nasehat kalau terjadi sesuatu, sulit diperbaiki," ungkap Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Pihak Istana pun merasa mobil dinas kepresidenan harus diganti demi menunjang kegiatannya. Hingga akhirnya Mercedes-Benz S 600 Guard model terbaru kembali terpilih menjadi kendaraan dinas Jokowi di periode kedua kepemimpinannya.


Dua unit Mercedes-Benz S 600 Guard dipilih langsung oleh pemerintah demi alasan keamanan orang nomor wahid di Tanah Air tersebut.

"Sesuai hasil pengadaan, dari beberapa penyedia yang memasukkan penawaran, Kementerian Sekretariat Negara RI memutuskan Mercedes-Benz Indonesia untuk menyediakan dua unit mobil Mercedes-Benz S 600 Guard sebagai kendaraan keras VVIP Kepresidenan," tulis pernyataan Kementerian Sekretariat Negara.

Simak Video "Perkenalkan Mahindra Scorpio, Pikap India Seharga Rp 200 Jutaan"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com