Kamis, 15 Agu 2019 14:19 WIB

Esemka Pekerjakan 200 Karyawan di Pabrik Boyolali

M Luthfi Andika - detikOto
Pabrik Esemka Foto: Ragil Ajiyanto Pabrik Esemka Foto: Ragil Ajiyanto
Jakarta - Esemka memastikan hanya memiliki satu pabrik perakitan di Boyolali, Jawa Tengah. PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK), sebagai agen pemegang merek Esemka mengklaim saat ini sudah ada 200 karyawan di pabriknya, dan banyak siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang bekerja di dalamnya.

Sebelumnya beredar kabar Esemka juga memiliki pabrik di kawasan Cileungsi, Bogor. Namun Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Eddy Wirajaya saat ditemui di Hotel Gran Melia, Jakarta menegaskan pabrik Esemka hanya ada di Boyolali. Dia menjelaskan saat ini memang pabrik masih terus pembangunan.



"Kita pusatnya di Boyolali, belum ada di tempat lain (pabrik Esemka hanya di Boyolali-Red) dan saat ini sudah 200 karyawan (yang bekerja di Esemka-Red)," kata Eddy.


Presiden PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK), Joko Sutrisno juga menjelaskan, Esemka juga ikut menyeleksi para siswa sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ingin bekerja di pabrik Esemka.

Pabrik Esemka di BoyolaliPabrik Esemka di Boyolali Foto: Ragil Ajiyanto


"Kebanyakan pekerja dari SMK. Kami melihat produk (siswa) dari sekolah kejuruan itu bisa kita rekrut dan memberikan fasilitas kerja. Karena kalau kita bisa menjadi leader yang bagus, mengajarkan pengetahuan, dan attitude , ini akan bagus dan tergantung kita-nya (bagaimana membina para siswa-Red)," kata Joko.



"Kami menyeleksi dari sekolah menengah ini (untuk bisa bekerja di PT SMK). Sebenarnya sudah ada yang datang ke kita (sekolah SMK), seperti SMK dari Papua dan NTT. Kita arahnya ke sana membuat satu dengan kolaborasi dengan Sekolah SMK, jadi bisa menjangkau daerah-daerah," ujarnya

Simak Video " Ini Bima, Mobil Esemka yang Komponennya Dibuat Anak Bangsa"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed