Kamis, 15 Agu 2019 10:38 WIB

Merek Otomotif yang Komitmen Investasi Mobil Listrik di RI

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Dadan Kuswaraharja Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengungkapkan, nilai investasi untuk pengembangan kendaraan listrik di Indonesia sudah mencapai angka USD 4 miliar.

"Angkanya masing-masing berbeda tapi yang sudah di-pipeline kira-kira hampir 4 billion USD," kata Airlangga di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (14/8/2019) lalu.



Ditambahkan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin, Putu Juli Ardika, ada beberapa merek otomotif yang sudah berkomitmen menanamkan investasinya di sektor kendaraan ramah lingkungan tersebut.

"Kalau kemarin itu, yang sudah menghadap Menteri, Toyota. Yang sudah menghadap Presiden, Hyundai. Jadi dua itu aja ya, sudah lumayan besar. Ada beberapa juga yang memang menyatakan minatnya," kata Putu.



Menurut Putu, sebagian besar investasi akan digunakan untuk membangun fasilitas produksi kendaraan listrik. "Jadi untuk produk otomotifnya. Kayak misalnya Toyota akan membangun produksi kendaraan listrik di Indonesia, itu kan (mereka-Red) komitmen dua miliar USD (Rp 28 triliun)," terang Putu.

Untuk sementara, baru Hyundai dan Toyota yang menyatakan keseriusannya mengembangkan kendaraan ramah lingkungan di Tanah Air.

"Yang lain baru diskusi dan melakukan kajian. Saat ini kami belum bisa spekulasi, tapi dari segi minat dan kajian-kajian yang dilakukan oleh multinasional bidang otomotif itu, arahnya bagus. Apalagi kalau kita bisa produksi baterai," terang Putu.

Simak Video "Mobil Dinas Presiden Bisa Pakai Mobil Listrik?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed