ADVERTISEMENT
Rabu, 14 Agu 2019 19:09 WIB

Esemka Juga Punya Mimpi Bikin Mobil Listrik

M Luthfi Andika - detikOto
Foto: Ridwan Arifin Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Peraturan Presiden soal kendaraan listrik sudah diteken orang nomor satu Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). Seluruh pabrikan otomotif menyambut baik langkah pemerintah ini, karena semakin membuka peluang industri otomotif Indonesia untuk lebih maju menggunakan kendaraan ramah lingkungan.

Lalu bagaimana Esemka menanggapi hal tersebut ya? Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Eddy Wirajaya, menjelaskan Esemka juga memiliki impian untuk bisa memiliki pilihan mobil listrik.



"Semua pemain otomotif mimpinya ke kendaraan listrik. Karena itu sudah global dan kami juga impiannya ke sana. Tapi kan kita mulai dari permulaan yang sudah kami canangkan dulu," kata Eddy di Hotel Gran Melia, Jakarta.

Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK), Joko Sutrisno menambahkan, infrastruktur kendaraan listrik di Indonesia yang belum memadai juga jadi catatan tersendiri bagi Esemka.

EsemkaEsemka Foto: Internet


"Tapi teman-teman juga ingat dengan pemadaman listrik kemarin. Dengan stanby power listrik yang seperti sekarang, kita berhitung dengan 500 ribu mobil listrik dengan charging yang ada sekarang itu memakan 1/3 lebih dari daya (enegri listrik di Indonesia-Red)," ujar Joko.



"Intinya kita punya pemikiran, tapi bagaimana dengan charging station, jika kita suatu saat nanti kita semuanya EV (electric vehicle/kendaraan listrik), mau dong kita ada charging station-nya. Atau kita buat 1 stasiun listrik dan konsumen bisa mengganti baterai listriknya dengan mudah," tambahnya.

Simak Video "Bima, Mobil Pertama Esemka Diluncurkan!"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com