Rabu, 14 Agu 2019 14:07 WIB

Dukung Daerah Pinggiran, Esemka Fokus pada Mobil Pikap

M Luthfi Andika - detikOto
Pikap di Pabrik Esemka di Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto Pikap di Pabrik Esemka di Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto
Jakarta - Esemka sempat heboh beberapa kali muncul ke permukaan dengan model kendaraan penumpang SUV. Secara mengejutkan, PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) memastikan model pertama yang akan dilahirkan Esemka ialah model pikap, tepatnya Esemka Bima 1.2 liter dan 1.3 liter.

Namun bakal dijual dan diperkenalkannya Esemka Bima 1.2 liter dan 1.3 liter, bukan tanpa alasan. Seperti yang disampaikan Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Eddy Wirajaya, di Hotel Gran Melia, Jakarta.



"Kami fokus pada pikap, kenapa? Kami memfokuskan pada wilayah pinggiran (pedesaan-Red), dan bagaimana kami membangun ekonomi di sana. Kami harus belajar banyak untuk bisa bertahan, dan kami memilih market itu," ujar Eddy.

Eddy juga menjelaskan alasan kenapa tidak Esemka Digdaya yang diluncurkan melainkan lebih memilih Esemka Bima untuk bisa melaju lebih dahulu di Indonesia.



"Fokus utama niaga, dilihat dari size kargonya, serta mesin 1.2 liter dan 1.3 liter bensin. Kenapa tidak Digdaya? Dalam managemen kami punya keputusan internal, akhirnya kami masuk ke ekonomi menengah. Kalau Digdaya di atasnya," kata Eddy.

"Lalu kenapa bukan SUV yang diperkenalkan lebih dahulu padahal sudah uji tipe lebih dahulu? Ini kan sebuah prototipe kemungkinan ke depannya kita akan memproduksinya. Kami sekarang memfokuskan pada pikap dan saat kita siap akan meluncurkan model lain akan kami putuskan," tambahnya.

Simak Video "Ramai di Medsos Prabowo Jajal Esemka"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com