Rabu, 14 Agu 2019 10:39 WIB

Sempat Disebut Jiplak Mobil China Foday, Apa Kata Esemka?

Dina Rayanti - detikOto
Mobil SUV yang diduga bernama Esemka Garuda 1. Foto: dok. Facaebook Mobil SUV yang diduga bernama Esemka Garuda 1. Foto: dok. Facaebook
Jakarta - Foto-foto mobil yang diduga Esemka sudah mulai beredar dan menjadi ramai diperbincangkan satu tahun belakangan. Kala itu ada sebuah mobil berjenis SUV diangkut menggunakan jasa towing melintas di jalan. Mobil diduga bernama Esemka Garuda 1 karena terlihat dari emblem di bagian belakang.

Kemunculan foto mobil beremblem Esemka Garuda 1 itu pun sempat dihujani beragam komentar dari masyarakat di Indonesia. Tak semua komentar positif datang menyambut kedatangan Esemka, ada juga yang menyebut kalau mobil sama persis dengan SUV China bernama Foday Landfort.


Jika diperhatikan, antara Foday Landfort dan SUV bertuliskan Esemka Garuda 1 memang cukup identik. Artinya kalau memang mobil itu adalah Foday Landfort, berarti Esemka hanya menjiplak modelnya.

Pihak Esemka yang baru-baru ini membuka suara pun menepis hal tersebut. Meski begitu PT Solo Manufaktur Kreasi selaku perusahaan swasta yang menggarap Esemka mengakui masih ada beberapa komponen didatangkan dari luar negeri.

Mobil China Foday Landfort yang diduga mirip Esemka Garuda 1Mobil China Foday Landfort yang diduga mirip Esemka Garuda 1 Foto: Chinaautoweb


"Itu kan beberapa part-part yang terurai kita beli dari luar, beberapa kita kolaborasi dengan lokal. Menjadi suatu training kepada anak-anak untuk kecakapan segala," ungkap Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya di Jakarta.

Esemka sendiri ditegaskan Eddy tak dicampuri tangan asing. Investasinya sepenuhnya berasal dari Indonesia. PT SMK pun menggelontorkan sekitar Rp 600 miliar demi membangun pabrik mobil Esemka di Boyolali.

Pabrik Esemka di Boyolali justru memproduksi pick-up.Pabrik Esemka di Boyolali justru memproduksi pick-up. Foto: Ragil Ajiyanto



"Kita ada internal kita pemegang saham, yang penting lokal nasional, pure Indonesia," tegas Eddy.

Eddy berharap dalam waktu dekat Esemka bakal merilis mobil perdananya untuk masyarakat Indonesia. Dibocorkan Eddy, mobil pertama Esemka berupa pick-up bernama Bima yang menggendong mesin 1.2L dan 1.3 L. Tampak di pabrik Esemka, Boyolali mobil-mobil pick-up rapi berjajar di sana. Namun justru tak tampak satupun mobil SUV.

Simak Video " Ini Bima, Mobil Esemka yang Komponennya Dibuat Anak Bangsa"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed