Jumat, 09 Agu 2019 15:07 WIB

Jokowi Pernah Diajak Mahathir Mohamad Ngebut Naik Mobnas Malaysia

Dina Rayanti - detikOto
Jokowi saat disopiri Mahathir di Malaysia. Foto: Jokowi dan Mahathir (Andhika Prasetia/detikcom) Jokowi saat disopiri Mahathir di Malaysia. Foto: Jokowi dan Mahathir (Andhika Prasetia/detikcom)
Putrajaya -

[Gambas:Video 20detik]



Presiden Joko Widodo berkesempatan untuk menjajal salah satu mobil yang menjadi ikon Malaysia yakni Proton saat melakukan kunjungan ke negeri jiran itu.

Tak sendirian, Jokowi rupanya didampingi langsung oleh Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. Bahkan Jokowi juga disopiri langsung oleh penggagas Proton itu.

Tampak sedan merah yang tampak menyerupai Proton Persona sudah tersedia menunggu Jokowi dan juga Mahathir. Kemudian tak lama berselang keduanya masuk ke dalam mobil dan pergi meninggalkan tempat tersebut diiringi para pengawal.

Jokowi saat disopiri Mahathir di MalaysiaJokowi saat disopiri Mahathir di Malaysia Foto: dok. Istimewa



Ini bukan pertama kalinya Jokowi disetiri oleh Mahathir. Sebelumnya, saat Mahathir berkunjung ke Indonesia Jokowi juga sempat bercerita bahwa dirinya pernah diajak ngebut naik Proton.

Jokowi mengatakan, 2015 lalu ia berkunjung ke Malaysia dan bertemu Mahathir. Waktu itu, Mahathir belum menjabat Perdana Menteri.

Kehadiran Jokowi kala itu bersama Mahathir untuk mengetes (test drive) mobil pabrikan Malaysia, Proton. Tak disangka, Mahathir yang menjadi driver test drive bersama Jokowi. Meski sudah berusia lanjut, kemampuan menyetir Mahathir tak diragukan. Jokowi pun diajak ngebut di jalanan Malaysia.

"Saya ingat betul tahun 2015 saat saya berkunjung ke Kuala Lumpur, Malaysia, saya diajak Bapak Tun Mahathir untuk test drive mobil Proton. Disetir sendiri Bapak Mahathir dengan kecepatan 180 kilometer per jam. Sangat cepat," kata Jokowi saat itu.


Kenangan mengajak ngebut Jokowi juga tak lekang dalam ingatan Mahathir. Serupa dengan Jokowi, pemimpin yang kini berusia 92 tahun itu juga membagikan pengalaman saat dirinya test drive bareng Jokowi.

"2015 saya ada rasa takut takut apabila memandu Presiden (Jokowi) pada masa itu. Saat itu saya bukan Perdana Menteri. Lintasan test drivenya bukan lurus saja tapi berbelok-belok," kata Mahathir disambut tawa Jokowi.

Simak Video "Jokowi-Prabowo Kompak Jalin Kemesraan"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com