Minggu, 04 Agu 2019 14:04 WIB

Mati Gaya gara-gara Listrik Mati, Ini Mobil yang Bisa Jadi Genset

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Listrik di Jakarta, Banten dan Bandung hingga Jateng padam. PT PLN masih menelusuri penyebab padamnya aliran listrik. GM PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) Disjaya Ikhsan Asaad mengatakan, pihaknya belum mengetahui apa penyebabnya.

"Saya lagi di kantor, memang Jakarta dan Bandung padam. Lagi ditelurusi penyebabnya apa. Info sementara Jakarta dan Bandung padam," kata dia seperti dikutip dari detikFinance.

Nah bagi detikers yang tengah mati gaya gara-gara listrik yang mati, memang bisa menggunakan genset agar listrik di rumahnya kembali nyala. Tapi sebenarnya mobil juga bisa jadi genset dadakan lho.

Tidak percaya? Mobil yang bisa jadi genset itu sudah datang ke Indonesia. Mobil yang bisa jadi genset ini rata-rata adalah mobil hybrid plug in electric vehicle (PHEV). Seperti mobil Mitsubishi Outlander PHEV. Mobil plug in hybrid electric vehicle buatan Mitsubishi ini bisa menjadi genset yang memberikan aliran listrik untuk perumahan. Memang harganya masih mahal masih di atas Rp 1 miliar.

Mitsubishi Outlander PHEVMitsubishi Outlander PHEV Foto: Rifkianto Nugroho




Selain itu, dengan instalasi khusus, kendaraan ini dapat diisi ulang dengan tenaga listrik yang tersedia di rumah para pengguna. Selain Mitsubishi Outlander PHEV, mobil listrik Nissan LEAF juga bisa menjadi genset saat aliran listrik di rumah mati. Ada juga mobil Toyota Prius PHEV yang listriknya bisa digunakan untuk menerangi rumah.

Toyota Prius PHV GR SportToyota Prius PHV GR Sport Foto: Dadan Kuswaraharja




Bahkan baterai Nissan yang sudah tidak dipakai lagi di mobil, bisa didaur ulang dan digunakan untuk menyinari stadion bola di Amsterdam, Belanda. Mobil-mobil listrik dalam beberapa kasus bisa menjadi 'penyelamat' saat terjadi bencana. Saat gempa besar terjadi di Jepang beberapa waktu lalu, mobil-mobil listrik ini terbukti membantu dengan menyediakan aliran listrik sampai berbulan-bulan lamanya.

Simak Video "Jakarta Banjir, PLN Padamkan Listrik di Sejumlah Titik"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com