Jumat, 02 Agu 2019 19:20 WIB

Daftar Kota-kota Dunia yang Membatasi Kendaraan karena Polusi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Polusi udara di Jakarta. Foto: Rifkianto Nugroho Polusi udara di Jakarta. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - DKI Jakarta akan membatasi kendaraan bermotor. Sesuai Instruksi Gubernur DKI Jakarta No. 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara, kendaraan bermotor akan diperketat uji emisinya.

Dalam instruksi tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta memperketat ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan pribadi mulai tahun 2019 ini. Selain itu, kendaraan pribadi berusia lebih dari 10 tahun bakal dilarang beroperasi di DKI Jakarta pada 2025.

"Memperketat ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan pribadi mulai tahun 2019 dan memastikan tidak ada kendaraan pribadi berusia lebih dari 10 tahun yang dapat beroperasi pada tahun 2025," tulis Instruksi Gubernur tersebut.



Langkah membatasi kendaraan untuk memerangi polusi udara ini sudah umum diterapkan di berbagai kota di dunia. Misalnya di negara tetangga, Singapura. Di sana, pembatasan kendaraan diatur lewat Certificate of Entitlement (COE). Mengutip situs resmi Otoritas Transportasi Darat Pemerintah Singapura, setiap mobil di Singapura diwajibkan memiliki COE. COE ini menunjukkan kepemilikan kendaraan dan batas waktu penggunaannya selama 10 tahun.

Di penghujung 10 tahun usia pemakaian, pemilik mobil harus mencabut registrasi kendaraannya atau melakukan validasi ulang untuk periode 5 hingga 10 tahun ke depan dengan membayar tarif kuota premi yang berlaku.

Dalam validasi itu, mobil yang berusia 10 tahun harus uji kelayakan terlebih dahulu. Jika lolos mobil yang berusia lebih dari 10 tahun tetap bisa digunakan di Singapura. Namun, kalau tidak lolos maka mobil itu harus dimusnahkan dengan cara dihancurkan.



Secara jumlah, mobil tua di Singapura memang sedikit. Sebagai perbandingan, jumlah mobil yang usianya 0-10 tahun mencapai 503.448 unit, sementara yang usianya 11-20 tahun ke atas hanya 119.340 unit seperti tercantum dalam data penyebaran kendaraan bermotor Singapura pada Mei 2019.

Selanjutnya di India, mengutip laman Rushlane Mahkamah Agung India pada Februari 2019 lalu mengeluarkan pemberitahuan terkait penggunaan kendaraan tua di Delhi. Dalam keputusannya, kendaraan bermesin bensin yang sudah berusia 15 tahun dan kendaraan diesel berusia 10 tahun akan dilarang beredar. Mobil, truk, bus atau kendaraan lain yang melanggar peraturan itu akan didenda.

Kemudian Amsterdam, pemerintah ibukota Belanda itu mengatakan semua mobil dan motor yang pakai bahan bakar fosil dilarang melintas di kota itu pada 2030. Namun, mulai tahun depan, Amsterdam membatasi mobil diesel yang berusia 15 tahun atau lebih tua di salah satu jalan utama. Mulai 2022, bus yang mengeluarkan asap knalpot tidak boleh beredar lagi, dan pada 2025 larangan itu diperluas ke moped.

Amsterdam akan mendorong warganya beralih ke kendaraan listrik dan hidrogen. Saat ini, ada 3.000 stasiun pengisian baterai mobil listrik di kota itu, rencananya akan ditingkatkan menjadi 23.000 pada 2025. Langkah Amsterdam menuju nol emisi selaras dengan rencana Belanda untuk menghentikan penjualan mobil bensin dan diesel pada 2030.



Berikutnya adalah Paris, Prancis. Paris akan melarang mobil diesel pada 2024 dan semua mobil berbahan bakar fosil pada 2030.

Kota Oslo, Norwegia, berencana untuk melarang semua mobil beredar di pusat kota. Sebagai gantinya, ibukota Norwegia itu akan menanamkan investasi besar-besaran untuk membangun transportasi publik dan mengganti jalan sepanjang 60 km yang sebelumnya didominasi dengan mobil menjadi jalur khusus sepeda.

Bus dan tram tetap dibolehkan beredar di pusat kota. Langkah pemerintah kota Oslo ini merupakan rencana untuk menekan polusi. Kota Oslo akan menjadi kota di Eropa pertama yang melarang peredaran mobil bermesin bakar.

Kota Madrid, Spanyol, berencana melarang peredaran mobil di pusat kota pada 2020. Walikota Madrid merencanakan larangan mobil pribadi di pusat Ibukota Spanyol tersebut. Jalanan kota akan diubah menjadi area pejalan kaki dan pesepeda. Hanya sepeda, bus, dan taksi yang boleh melintas pusat kota Madrid.



Kota Chengdu, China, sebenarnya tidak melarang mobil sepenuhnya. Tapi, hanya setengah jalan di kota yang bisa digunakan untuk berkendara. Rencana pembatasan kendaraan itu sebelumnya akan terjadi pada 2020.

Kota Hamburg juga akan membatasi mobil. Sebagai gantinya, area pedestrian dan pesepeda akan lebih bersahabat.

Pemerintah Kota London, Inggris, mempercepat wacana larangan mobil bermesin bensin dan diesel. Walikota London dan para pemimpin kota lainnya di seluruh Inggris mengatakan rencana pemerintah melarang penjualan mobil bensin dan diesel harus dimajukan. Perdana Menteri Inggris mengatakan penjualan mobil baru bermesin diesel dan bensin akan dilarang pada 2040. Tapi, Khan bersama walikota dan pemimpin dari Manchester, Liverpool, Oxford, Sheffield dan Bristol meminta wacana itu dilaksanakan lebih cepat, yakni pada 2030.

Walikota Kopenhagen beberapa waktu lalu mengajukan wacana larangan mobil diesel baru di kota tersebut pada 2019. Truk dan van bermesin diesel pun akan dilarang.

Simak Video "Udara Jakarta Buruk, Anies Digugat ke PN Jakpus"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com