Selasa, 16 Jul 2019 15:52 WIB

5 Komponen Mobil yang Kalau Rusak Bikin Kantong Bolong

Dina Rayanti - detikOto
Ilustrasi bengkel mobil. Foto: Motoreasy via Newspress Ilustrasi bengkel mobil. Foto: Motoreasy via Newspress
Jakarta - Ada beberapa komponen mobil yang memiliki harga tinggi ketika dilakukan servis. Berdasarkan data yang dilansir The Sun, Selasa (16/7/2019) ada lima komponen mobil yang punya harga banderolan cukup tinggi ketika kita harus menggantinya.

Kelima komponen itu adalah Misalnya girbox transmisi otomatis, kopling, roda gila, kepala gasket, dan juga turbo.


Biaya paling mahal adalah komponen girboks transmisi otomatis. Di Inggris rata-rata pengendara harus mengeluarkan setidaknya 1.000-5.000 poundsterling atau setara dengan Rp 17,3-86,8 juta demi memperbaiki komponen tersebut. Tanda-tanda kerusakan pada girboks mobil matik sebenarnya bisa dikenali, misalnya bunyi bising, gigi selip, oli bocor, hingga mengeluarkan bau merupakan gejalanya.

Maka ketika gejala itu muncul ada baiknya untuk membawa mobil langsung ke bengkel agar segera diperbaiki sebelum rusak parah dan harus diganti sepenuhnya.

Kopling pun demikian. Setidaknya pengemudi di Inggris harus merogoh 400 Poundsterling atau setara Rp 6,9 juta demi memperbaiki kopling yang rusak. Kopling rusak juga bisa diketahui gejalanya seperti sulitnya mengganti gigi dan kopling selip.

Kalau kopling diganti maka bisa pula berdampak pada rodagila. Rodagila membuat getaran pada mesin berkurang sehingga tarikannya lebih halus. Sehingga ketika ada getaran pada mobil patut dicurigai kalau rodagila mengalami kerusakan. Biaya perbaikannya cukup tinggi hingga 800 poundsterling yang kalau dirupiahkan Rp 13,8 jutaan.


Kalau mobil kehilangan tenaga dan cepat panas karena kekurangan pendingin bisa jadi kepala gasket rusak. Biaya reparasi kepala gasket ini bisa mencapai 500 Poundsterling atau setara dengan Rp 8,6 jutaan.

Terakhir ada turbo. Kerusakan turbo bisa dicirikan dengan kehabisan oli hingga kebocoran yang membuat akselerasi mobil jadi pelan. Pembakaran juga lebih besar sampai menimbulkan asap tebal berawarna abu-abu dari knalpot mobil. Kalau turbo sudah rusak, pengendara setidaknya harus menyiapkan uang hingga 1.000 Poundsterling yang setara dengan Rp 17,3 jutaan demi membuatnya kembali pulih seperti semula.

Simak Video "Review Mitsubishi Eclipse Cross: SUV yang Punya Fitur Cruise Control"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com