Senin, 08 Jul 2019 20:31 WIB

Jaguar Pastikan XJ Bakal Berbekal Listrik

M Luthfi Andika - detikOto
Jaguar XJ listrik Foto: Pool (Autoevolution) Jaguar XJ listrik Foto: Pool (Autoevolution)
Jakarta - Produsen mobil asal Inggris Jaguar, pastikan akan memiliki varian listrik. Dan mobil listrik mereka bakal disapa Jaguar XJ. Bahkan Jaguar juga pastikan mobilnya ini akan diproduksi di Castle Bromwich dan akan menjadi pesaing utama dari Tesla Model S.

Dikutip autoevolution, Lineup Jaguar listrik akan diperkenalkan pada 2020, bersamaan dengan model terbaru New Defender.



"mobil masa depan ada pada model kendaraan listrik. Dan ini menjadi komitmen kami untuk bisa melahirkan kendaraan generasi bebas emisi di Inggris," ujar Chief Executive Officer, Ralf Speth.

Selanjutnya dirinya juga mengatakan dengan keputusan ini, Jaguar tidak lagi memproduksi XJ Luxury sedan untuk versi standar. Dan dialihkan untuk menjadi mobil listrik.

"Kami mencari lokasi untuk bisa memproduksi mobil listrik ini, dan elelectronic Drive Units dan produksi baterai diputuskan untuk bisa diproduksi di pabrik Castle Bromwich. Dan kami tidak akan lagi memproduksi XJ Luxury sedan," ujar Ralf.



Untuk bisa memproduksi mobil listrik XJ, Jaguar dikatakan akan menggunakan baterai milik i-Pace. Selain itu akan menggunakan platform MLA atau Modular Longitudinal Architecture yang sudah digunakan Jaguar Land Rover. Artinya besar kemungkinan mobil listrik Jaguar ini akan mengusung All Wheel Drive.

Selain itu model ini juga memungkinkan model ini untuk mengusung mild Hybrid to plug-in hybrid. Dan tentunya, bisa mengusung tenaga listrik.

Jika melihat dari sepak terjang Jguar memperkenalkan varian listrik mereka. Besar kemungkinan mereka akan mengusung mirip seperti crossover listrik mereka, yaksi 2 motor listrik yang masing-masing mengusung 90 kWh. Dengan bobot yang ringan mobil ini bakal mampu berlari hingga 470 kilometer.

Simak Video "Grab Masih Pertimbangkan Mitranya Gunakan Kendaraan Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com