Rabu, 03 Jul 2019 16:31 WIB

Gaikindo Berharap Pabrik Hyundai di Indonesia Jadi Basis Ekspor

Luthfi Anshori - detikOto
Logo Hyundai Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Hyundai hampir pasti akan membuat fasilitas perakitan di Indonesia. Pabrik ini disebut-sebut Kementerian Perindustrian RI, bakal segera beroperasi 2021 mendatang. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pun menyambut baik kabar itu dan berharap investasi bisa segera dilakukan.

"Harusnya investasi itu segera dilaksanakan ya, mudah-mudahan tahun ini atau paling enggak akhir tahun udah bergerak. Kalau saya enggak salah dengar Hyundai sudah memilih lokasinya," kata Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi di sela-sela Press Conference GIIAS 2019 di The Pallas, SCBD, Jakarta Selatan (2/7/2019).



Nangoi berharap Hyundai tak hanya berinvestasi untuk memproduksi kebutuhan dalam negeri, tapi juga untuk pemenuhan ekspor dari Indonesia. Untuk memenuhi komitmen itu, Hyundai akan membuat pabrik dengan kapasitas produksi mencapai kemudian membuka pabrik dengan kapasitas 250 ribu mobil per tahun.

"Jadi bukan hanya membuka pabrik mobil di indonesia untuk pasar domestik, tetapi lebih kami bidik adalah bagaimana membuka pabrik di Indonesia yang mana nantinya akan jadi basis ekspor seperti ke Australia dan sekitarnya. Karena di sana kan banyak yang menggunakan mobil Hyundai," katanya lagi.



Bicara model apa yang cocok diproduksi Hyundai, Nangoi menyerahkan sepenuhnya kepada APM tersebut.

"Tentunya target market itu mereka yang menentukan. Karena berkaitan dengan strategi marketing," pungkas Nangoi.

Simak Video "Mobil Listrik Termurah! Fiturnya Sangat Memuaskan "
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com