Senin, 24 Jun 2019 14:09 WIB

Ford Sulap Limbah Plastik Jadi Karpet Mobil Ecosport

Rizki Pratama - detikOto
Ford. Foto: Francois Lenoir/Reuters Ford. Foto: Francois Lenoir/Reuters
Jakarta - Limbah plastik merupakan material yang memberikan kontribusi besar dalam pencemaran ekosistem lingkungan. Perusahaan mobil Amerika Serikat, Ford pun memiliki solusi atas masalah dunia yang sedang dihadapi itu melalui mobilnya.

Saat ini setiap interior SUV Ecosport yang mereka produksi beralaskan karpet yang dibuat dari hasil daur ulang 470 botol plastik bekas.


Untuk proses pembuatannya secara ringkas, pertama botol plastik bekas harus dihancurkan terlebih dahulu menjadi serpihan kecil. Selanjutnya serpihan-serpihan tersebut kemudian dipanaskan hingga meleleh dalam suhu 260 derajat celcius. Dalam proses tersebut serpihan botol plastik mengalami pembentukan ulang menjadi serat setipis rambut manusia. Nah, serat-serat itulah nantinya yang dipintal menjadi benang sebagai bahan pembuatan karpet.

"Konsumen semakin meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan yang dapat dirusak oleh botol plastik bekas. Dan kami telah menjalani sebuah misi yang panjang untuk terus meningkatkan proporsi penggunaan daur ulang material yang digunakan pada setiap mobil baru yang kami buat," ujar Material Engineer Ford Motor Company, Tony Weatherhead.

Secara total, mobil yang sudah diproduksi sejak tahun 2012 ini telah memanfaatkan kurang lebih 650 juta botol plastik bekas berukuran 500mm. Jika dikonversi ke dalam satuan berat, jumlah tersebut setara dengan 8.262 ton sedangkan jika dibentangkan sanggup untuk menyelimuti dua bumi sekaligus.


Penggunaan plastik bekas pada mobilnya sudah dilakukan Ford selama dua dekade yang mana pertama kali diterapkan pada mobil sedan Ford Mondeo. Setiap tahunnya Ford telah mendaur ulang 1,2 miliar botol plastik dalam 20 tahun ini.

[Gambas:Youtube]

(rip/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed