Senin, 10 Jun 2019 09:48 WIB

Baterai Bekas Mobil Listrik Suplai Energi Stadion Bola di Amsterdam

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Baterai mobil listrik bawah lantai kabin. Foto: Nissan Baterai mobil listrik bawah lantai kabin. Foto: Nissan
Madrid - Nissan tidak main-main dalam mendaur ulang baterai-baterai mobil listrik mereka. Baterai bekas itu bisa didaur ulang dan digunakan untuk sebagai sumber energi di markas klub Ajax Amsterdam, Johan Cruijff ArenA.

Hal tersebut disampaikan Managing Director Renault-Nissan Energy Services Nissan Europe Francisco Carranza dalam pertemuan dengan wartawan termasuk wartawan detikcom Dadan Kuswaraharja di Madrid, Spanyol, beberapa waktu lalu.



Baterai-baterai bekas mobil listrik menjadi genset di stadion itu. Total ada 148 baterai mobil listrik Nissan LEAF yang digunakan untuk menciptakan sistem penyimpanan energi sebesar 3 MW. Tenaga dari baterai itu cukup untuk menyimpan energi untuk ngecas 500.000 iPhone atau menyediakan daya listrik untuk 7.000 rumah di Amsterdam dalam waktu sejam.

Johann Cruyff ArenaJohann Cruyff Arena Foto: Nissan


"Baterai bekas mobil listrik menjadi solusi cadangan tenaga listrik untuk stadion Ajax Amsterdam, jadi bisa menggantikan genset dengan baterai," ujar Carranza.

[Gambas:Youtube]


Selain menjadi solusi untuk cadangan listrik, baterai mobil listrik juga bisa digunakan di rumah untuk menyalakan lampu atau diubah menjadi battery packs yang bisa menjadi sumber energi untuk semua barang yang membutuhkan listrik, misalnya laptop.

"Kami menyebutnya sebagai Nissan Electric Ecosystem," ujarnya.



Selain itu, sejak bulan Oktober 2018 lalu, mobil listrik Nissan LEAF sudah sah digunakan sebagai pembangkit listrik berjalan di Jerman. Jadi semakin banyak yang bisa dilakukan oleh mobil listrik, bukan hanya untuk kebutuhan transportasi saja. Canggih juga ya, masih malas pakai mobil listrik detikers?

(ddn/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com