Selasa, 21 Mei 2019 11:58 WIB

Fakta dan Angka Tentang Airbag yang Tak Banyak Orang Tahu

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kantung udara atau airbag pelindung pengendara dan penumpang Foto: Toyota Kantung udara atau airbag pelindung pengendara dan penumpang Foto: Toyota
Jakarta - Mobil-mobil zaman sekarang sudah makin lengkap fitur keselamatannya. Bahkan, airbag sebagai perlindungan kepada sopir maupun penumpang saat terjadi kecelakaan pun sudah makin umum digunakan di mobil yang dijual di Indonesia.

Airbag berfungsi melindungi penghuni mobil dari benturan keras dengan benda di kabin, seperti dasbor. Misalnya terjadi tabrakan depan, airbag di dasbor dan di setir akan mengembang agar pengemudi maupun penumpang depan tidak makin parah cederanya akibat terbentur dasbor.



Ada beberapa fakta seputar airbag yang mungkin tak banyak orang tahu, seperti dilansir Zing.vn. Seperti waktu mengembang airbag yang secepat kilat saat terjadi kecelakaan.

Ternyata, airbag bisa mengembang hanya adalah waktu 0,05 detik setelah mobil menabrak sesuatu. Ini sangat cepat sehingga pengemudi maupun penumpang tetap terlindungi sebelum membentur benda keras di kabin.



Untuk mengaktifkan airbag, terdapat sensor yang ditempatkan di depan. Saat mendeteksi tabrakan, sensor akan melaporkan ke controller dan controller langsung mengaktifkan daya untuk meledakkan airbag.

Airbag punya volume 55 liter untuk airbag sisi pengemudi. Untuk airbag penumpang, volume udara yang tersimpan di dalamnya mencapai 120 liter.

Airbag bisa mengembang dengan kecepatan 320 km/jam, lebih cepat dari kecepatan pesawat saat lepas landas. Alasan airbag harus mengembang dengan kecepatan tinggi adalah untuk memastikan pengendara atau penumpang tidak membentur setir maupun dasbor saat terjadi kecelakaan.

Setidaknya 1.700 orang telah diselamatkan berkat airbag sejak 1995. Jumlah itu terus meningkat setiap tahun.

Airbag pada mobil pertama kali didaftarkan hak ciptanya pada 1952. Sistem ini ditemukan oleh John W.Hetrick setelah kecelakaan lalu lintas. Pada tahun yang sama seorang Jerman bernama Walter Linderer juga menemukan produk serupa.

Fakta dan Angka Tentang Airbag yang Tak Banyak Orang Tahu
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed