Jumat, 10 Mei 2019 18:36 WIB

IIMS Kalah Banyak dengan Xpander, Toyota: Avanza Masih Perkasa

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Dok. Toyota-Astra Motor Foto: Dok. Toyota-Astra Motor
Jakarta - Persaingan mobil keluarga antara Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander masih nampak seru. Tiap bulannya masih ada upaya dari kedua pabrikan asal Jepang itu saling berebut tahta mobil terlaris di Indonesia. Namun dalam sebelas hari pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, Avanza sepertinya harus mengakui kekalahan dari Xpander.

Berdasarkan data penjualan keduanya, ada selisih yang cukup signifikan antara Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander yaitu sekitar 1.000 unit. Dimana, Mitsubishi berhasil mencatatkan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) Xpander sebanyak 2.157 unit sedangkan Toyota Avanza terpesan hingga 1.106 unit.



Tentang hal ini, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi memberi tanggapannya. Ditemui beberapa wartawan di Jakarta, ia menyampaikan bahwa sebenarnya Toyota tidak menargetkan target khusus di IIMS 2019. Sehingga, tak ada rencana untuk bertanding penjualan.

"Sewaktu di IIMS ada target tidak? Tidak. Karena kami tidak ingin memindahkan jualan di luar IIMS ke dalam pameran. Karena kita itu jualan di dalam pameran IIMS dan juga di luar. Diskon juga sama saja antara kedua itu. Hanya saja, suasana di IIMS lebih nyaman sebab bisa lihat produk lebih banyak," kata Anton.

"Jadi, kita tidak lihat penjualan di IIMS lebih rendah, kami tidak lihat itu. Yang penting, overall penjualan kami bagaimana. Dan sejauh ini, penjualan di bulan April untuk Avanza sangat baik," lanjut dia.



Di kesempatan sama, Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto menyatakan bahwa Avanza sudah terpesan hingga 30.000 unit sejak kehadiran pertamanya di awal tahun 2019.

"Sejak launching, pertama kali sampai akhir minggu kemarin (di penghujung bulan April 2019), pemesanan Toyota Avanza baru mencapai sekitar hampir 30.000 unit. Sehingga bisa dikatakan, tiap bulannya itu pemesanan berada di antara 7.000 - 8.000 unit," tutur dia.

Kembali pada pameran IIMS 2019, selama pameran Toyota mampu menjual 3.872 unit mobil secara keseluruhan. Membukukan angka transaksi melebihi Rp 1,1 triliun, Avanza tetap menjadi tulang punggung diikuti Rush, Calya, dan Fortuner.


Ini Jadinya Kalau Xpander Disulap Jadi Mobil Balap:

[Gambas:Video 20detik]

(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya