Rabu, 08 Mei 2019 15:04 WIB

Mau Cicil Mobil? Kenali Dulu Kamu Debitur Tipe Apa

Rizki Pratama - detikOto
Ilustrasi pembelian mobil Foto: Nissan Ilustrasi pembelian mobil Foto: Nissan
Jakarta - Sebelum melakukan cicilan kendaraan sebaiknya anda tahu dulu program pembiayaan apa yang cocok sesuai kebutuhan dan finansial anda. Entah itu DP (uang muka) rendah atau bunga rendah memiliki kelebihan atau kekurangannya masing-masing

Namun jika anda mengenali mana yang cocok anda gunakan, kredit kendaraan akan lebih ringan rasanya. Setidaknya ada 3 jenis konsumen yang menggunakan jasa perusahaan pembiayaan untuk melakukan cicilan kendaraan.



Jenis konsumen pertama adalah mereka yang sebenarnya sanggup membeli kendaraan dengan cash namun tidak mau langsung mengeluarkan semua uangnya sekaligus. Untuk anda yang memiliki kemampuan finansial seperti ini biasanya mereka yang tidak mempermasalahkan berapa besaran down payment namun sangat sensitif terhadap bunga.

"Ada segmen yang punya uang tapi nggak mau langsung banyak keluar uangnya biasanya ambil produk bunga ringan, DP nggak masalah, dia bisa bayar. Cuma sangat sensitif di pricing ia mau bunganya yang murah," ujar Direktur Pemasaran MTF, Harjanto Tjitohardjojo, di Jakarta.

Selanjutnya adalah konsumen yang umumnya dan bisa dibilang jumlahnya paling besar di Indonesia. Biasanya konsumen ini memiliki keterbatasan finansial sehingga memilih DP serendah mungkin. Mereka adalah orang yang tidak terlalu memperhitungkan bunga asalkan mereka sanggup menyelesaikan angsuran.



"Reguler umum, DP Rp 20 juta-25 juta, mereka lebih banyak di sini segmennya. Mereka tidak sensitif di bunga tapi minta kompetitif yang penting angsurannya mereka sanggup," tambah Harjanto

Terakhir adalah untuk anda yang ingin membeli kendaraan untuk kepentingan bisnis. Konsumen ini hampir sama dengan di atas yang memilih DP rendah terlebih jika membutuhkan lebih dari satu unit kendaraan.

"Lalu ada konsumen yang untuk usaha. DP besar bisa harusnya bisa beli dua jadi cuma satu. DP-nya harus ringan, cuma otomatis bunganya gede," pungkas Harjanto. (rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com