Jumat, 26 Apr 2019 17:30 WIB

Hyundai Mulai Bangun Pabrik di Indonesia Tahun Ini

Ruly Kurniawan - detikOto
Hyundai Kona Foto: Pradita Utama Hyundai Kona Foto: Pradita Utama
Jakarta - Hyundai Motor Corporation berkomitmen untuk mulai membangun pabrik perakitan di tanah air tahun ini. Namun informasinya masih terbatas.

"Kemarin baru diskusi tentang tahapan-tahapan yang ingin dia laksanakan. Seperti insentif dan tentang keputusan lokasi. Mereka masih rahasia, tapi arahnya lebih ke ground field," ujar diungkapkan Direktur Jenderal Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian Harjanto saat ditemui di arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di Jakarta, Kamis (25/4/2019).



"Besok (hari ini-red) kita ingin tanyakan lagi kepada mereka. Tapi berdasarkan timeline, acer-acernya tahun ini, pertengahan tahun ini," lanjut Harjanto.

Dijelaskan juga bahwa pabrikan asal Korea Selatan tersebut akan langsung membangun pabrik sendiri. Tanpa menggandeng pabrikan lainnya "Dia akan bangun sendiri, rencananya gitu sebagaimana yang saya tau. Kita lihat saja nanti," ucap Harjanto.

Hyundai Motor Corporation santer dikabarkan bakal berinvestasi di Indonesia, melalui pembangunan pabrik dalam negeri. Proses perkembangan pembangunan pabrik ini pun sudah dikonfirmasi oleh Hyundai Motor Indonesia selaku agen pemegang merk Hyundai di Indonesia.

"Pabrik masih on process, on progress, setiap hari selalu ada progress-nya tetapi kami Hyundai Indonesia tidak mengetahui secara detail," ujar Deputy Marketing Director Hendrik Wiradjaja, beberapa waktu lalu.

Wacana pembangunan fasilitas pabrik merek asal Korea Selatan tersebut, sebenarnya sudah ada sejak pertengahan tahun 2018 lalu. Namun pihak prinsipal Hyundai ternyata masih menunggu arah kebijakan industri otomotif di Indonesia. Salah satunya terkait PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah) (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed