Rabu, 24 Apr 2019 14:51 WIB

Taksi Listrik Blue Bird Bagus untuk Populerkan Kendaraan Listrik

Luthfi Anshori - detikOto
Taksi Listrik Blue Bird. Foto: Agung Pambudhy Taksi Listrik Blue Bird. Foto: Agung Pambudhy
Denpasar - Blue Bird resmi mengenalkan armada taksi listrik. Dua merek mobil yang akan jadi kendaraan operasionalnya adalah BYD e6 dan Tesla Model X.

Perusahaan taksi yang identik dengan warna biru tersebut menyediakan 30 unit mobil listrik untuk tahap awal, 25 unitnya adalah BYD e6. Dan rencananya di tahun 2020 akan menjadi 200 unit.

Menanggapi hal tersebut, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) selaku produsen mobil Toyota di Indonesia, mengatakan apa yang sudah dilakukan Blue Bird bisa memberi dampak positif bagi pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.



"Kami rasa bagus. Karena ini bisa untuk mempopulerkan pemakaian Electrified Vehicle (EV) yang tentunya menuntut perubahan customer behavior (perilaku konsumen)," ujar Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azzam, kepada detikcom, Rabu (24/4/2019).

Ditambahkan Bob, hadirnya layanan taksi listrik juga bisa menjadi awal yang bagus untuk mempelajari kendaraan listrik di Indonesia.

"Jadi ada exercise (latihan) yang bagus sebelum (mobil listrik) secara massal didorong untuk dipopulerkan. Yang saya tahu dari media, target-nya Blue Bird juga untuk research, konsumen behaviour, teknis kendaraan, dan infrastruktur," pungkas Bob.



Kembali ke taksi listrik Blue Bird, perlu diketahui jika varian BYD e6 diklaim menjadi mobil listrik berpenggerak roda depan yang mampu menempuh jarak yang panjang. BYD e6 berbentuk crossover SUV dengan interior yang lapang. Di beberapa negara, mobil ini memang dijadikan taksi.

Merujuk data spesifikasi secara global, sebagai mobil listrik dengan jarak tempuh panjang, BYD e6 bisa menjangkau jarak 400 km dalam satu kali pengisian baterai. Baterai BYD yang berkapasitas 80 kWH pada mobil ini bisa dicas hanya 2 jam pakai charger V2G 480 VAC 3 phase.

Berkat motor listrik tipe AC Synchronous Motor (Brushless), mobil ini bisa berlari sampai kecepatan maksimal 140 km/jam. Akselerasi 0-60 km/jam hanya 7,69 detik. Tenaga maksimal mobil listrik ini mencapai 121 daya kuda dengan torsi maksimal 450 Nm.

Kabin BYD e6 bisa menampung lima orang. Taksi listrik ini mampu mengangkut beban total 375 kg termasuk penumpang dan bagasi. (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed