Senin, 18 Mar 2019 09:38 WIB

Mitsubishi Fuso Tertarik Bikin R&D di Tanah Air?

Ridwan Arifin - detikOto
Truk Fuso. Foto: Mitsubishi Truk Fuso. Foto: Mitsubishi
Jakarta - Mitsubishi Fuso dikenal sebagai rajanya kendaraan niaga di Tanah Air. Melihat data penjualan di tahun 2018, pabrikan asal Jepang ini memimpin pasar perolehan market share sebanyak 43.9 persen dengan 51.132 unit truk terjual.

Namun sayangnya menjadi pasar terbesar, Mitsubishi belum memiliki fasilitas R&D (riset dan pengembangan) guna merancang dan membangun truknya di Indonesia.


Direktur Sales and Marketing PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Duljatmono mengatakan ada beberapa faktor pertimbangan termasuk dengan prinsipal Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC).

"Ini kan perlu koordinasi dengan prinsipal kita, ya sekarang sedang proses ke sana," ujar Duljatmono saat media gathering di Jakarta Pusat.

Lebih lanjut, Duljatmono, mengatakan untuk saat ini fungsi R&D yang dilakukan KTB di Indonesia berupa kustomisasi lokal atau modifikasi kecil terhadap kendaraan niaga Fuso.


"Sekarang sudah jalan pengembangannya, namun development-development varian yang sifatnya tidak untuk produk global. Sesuai kebutuhan kita (Indonesia) saja," ujar Duljatmono.

"Tapi kalau sifatnya yang dimodifikasi minor, kita sudah lakukan, bukan R&D yang sifatnya major change," ucapnya. (riar/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com