Senin, 18 Mar 2019 08:59 WIB

Nissan Terra Masih Sulit Dobrak Dominasi Pajero Sport dan Fortuner

Dina Rayanti - detikOto
Nissan Terra. Foto: Ruly Kurniawan Nissan Terra. Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Sudah enam bulan Nissan Terra meluncur di Indonesia. Sayangnya Terra masih belum bisa menunjukkan taringnya di segmen SUV. Di segmen itu Terra tak sendiri. Terra harus berhadapan langsung dengan Chevrolet Trailblazer, Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, dan Isuzu mu-X.

Dengan kapasitas mesin yang sama Terra belum menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia di segmen SUV. Dalam data distribusi wholesales (dari pabrik ke diler) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Nissan belum mampu mencatatkan pencapaian dari sang kompetitor utama.


Di segmen itu dalam bulan kedua tahun 2019 Mitsubishi Pajero Sport masih mendominasi dengan 1.993 unit. Pencapaian Pajero Sport diikuti oleh Fortuner dengan 1.314 unit.

Kemudian ada Chevrolet Trailblazer yang memang 'anteng' di segmen tersebut. Selama Februari 2019, Chevrolet tercatat mengirim 90 unit Trailblazer ke diler-diler yang tersebar di seluruh Indonesia. Baru setelahnya Nissan Terra dengan 47 unit dari seluruh model yang dimilikinya. Terakhir ada Isuzu mu-X dengan 20 unit.

Secara harga Terra bukanlah yang termahal di kelasnya. Nissan membanderol Terra dengan harga Rp 467 juta hingga yang termahal Rp 665 juta. Harga tersebut bisa dibilang masih lebih murah dari Pajero Sport yang dibanderol Rp 472,5-680 juta dan Fortuner Rp 472-664 juta.


Di segmen tersebut harga termurah ditawarkan oleh Chevrolet pada Trailblazer dengan harga mulai Rp 435 juta sampai Rp 477 juta. Sedangkan Isuzu membanderol mu-X dengan harga Rp 473-504,5 juta. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com