Jumat, 15 Mar 2019 08:11 WIB

'Perang Dingin' Avanza Vs Xpander

Rangga Rahadiansyah - detikOto
1
Halaman 1 dari 7
Foto: Luthfy Syahban Foto: Luthfy Syahban
Jakarta - Persaingan dua low MPV di Indonesia, Toyota Avanza dan pendatang baru, Mitsubishi Xpander, semakin sengit. Saling rebut takhta mobil terlaris di Indonesia terjadi selama 2018 bahkan berlanjut sampai awal 2019 ini.

Baik Toyota-Astra Motor (TAM) maupun Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) saling klaim bahwa produk andalannya adalah yang sukses merebut hati orang Indonesia. Angka penjualan yang tercatat dalam data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) membuktikan siapa yang paling banyak dipilih orang Indonesia.



Beberapa kali Avanza dan Xpander memang saling salip menjadi MPV sekaligus mobil terlaris di Indonesia. Tapi sepanjang 2018 lalu, penjualan Xpander masih lebih sedikit ketimbang Avanza. Menurut catatan Gaikindo Avanza model lama sukses terdistribusi sebanyak 86.167 unit, sementara Xpander terdistribusi 75.075 unit pada 2018.



Tapi, penjualan Xpander kembali menyalip Avanza pada awal 2019. Januari 2019 lalu, wholesales Avanza harus 'keok' dengan Xpander. Di Februari, takhta MPV di Indonesia kembali direbut Avanza.

Mitsubishi mengklaim Xpander lebih unggul lantaran mereka tidak punya pilihan mesin 1.300 cc. Sementara Avanza diklaim lebih unggul karena terbantu banyak oleh pilihan mesin 1.300 cc. Apakah Mitsubishi juga akan menghadirkan Xpander dengan mesin 1.300 cc agar bisa bersaing dengan Avanza? Berikut ulasan berita sengitnya 'perang dingin' Avanza dan Xpander. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed