Kamis, 14 Mar 2019 14:46 WIB

Avanza Bikin Ertiga, Mobilio, Livina Ikutan Dandan

Dina Rayanti - detikOto
Avanza. Foto: Dok. Toyota-Astra Motor Avanza. Foto: Dok. Toyota-Astra Motor
Jakarta - Ungkapan 'ada gula ada semut' dilontarkan Toyota ketika bicara soal perubahan wajah pada Avanza. Maksudnya, sejak Avanza berubah wujud di awal tahun 2019, hal serupa diikuti oleh pabrikan lain.

Toyota mulai mengubah wajah Avanza pada pertengahan Januari 2019 setelah mengusung tampang yang tak berubah jauh sejak 2015. Ubahan paling jelas tampak di bagian eksterior berkat pemasangan lampu LED. Kemudian masuk ke bagian interior juga mengalami sedikit ubahan pada layar hiburan. Bagian suspensi pun tak lupa disempurnakan oleh Toyota.


Berbarengan dengan Avanza, Xenia pun dipermak. Seperti yang sudah-sudah wujud Xenia tak berbeda jauh dengan Avanza.

Sebulan setelahnya, Nissan ikutan mendandani Livina. Livina sendiri terakhir memiliki ubahan pada 2011. Tujuh tahun Nissan hanya memberikan aksesoris untuk membuat Livina tampil berbeda. Namun di tahun 2019, Livina berubah total.

Livina zaman now identik Xpander. Hal itu karena Nissan mengusung platform Xpander pada Livina terbaru. meski begitu Nissan keukeuh menyebut Livina berbeda dari sang kembaran. Nissan sendiri mengaku butuh 1,5 tahun untuk membuat Livina berbeda dengan Xpander.

Usai Livina, tanpa seremoni Suzuki turut menyegarkan Ertiga. Suzuki menambah fitur-fitur yang sebelumnya absen pada Ertiga mulai dari fog lamp, desain velg 2 tone, head unit touchscreen audio baru, dan dasbor bernuansa premium.


Tak mau ketinggalan dengan para pesaingnya, Honda juga menambah beberapa aksesoris sehingga Mobilio tampil beda. Secara keseluruhan, perubahan Mobilio hanya menyentuh sisi tampilan saja. Seperti penambahan aerokit, velg, hingga tampang depan berupa lampu dan grill serta nuansa interiornya.

"Ya ada gula ada semutlah (karena Avanza semua ikut disegarkan) jadi mereka ikutan," tutur Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto.

Persaingan di pasar Low MPV ini memang cukup ketat. Segmen ini memang paling diminati oleh masyarakat Indonesia. Terbukti angka mobil di Tanah Air didominasi oleh model Low MPV.


Menjajal Avanza yang Lebih Segar, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

Avanza Bikin Ertiga, Mobilio, Livina Ikutan Dandan
(dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed